Sukses

Laptop Terbaru Asus di CES 2021: ZenBook hingga TUF

Asus baru saja memperkenalkan deretan produk terbaru saat gelaran CES 2021 pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Asus telah mengumumkan deretan laptop terbarunya untuk tahun ini pada ajang CES 2021 pekan lalu. Pengumuman ini dilakukan setelah perusahaan asal Taiwan itu memperkenalkan lini ROG 2021.

"Jajaran laptop terbaru ASUS yang dihadirkan kali ini merupakan kelanjutan dari berbagai inovasi yang dipastikan akan meningkatkan produktivitas, memperkaya kualitas hiburan, serta menghadirkan pengalaman yang luar biasa," tutur CEO Asus Samson Hu dalam keterangan resmi.

Laptop pertama yang diperkenalkan Asus di CES 2021 adalah ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Ia menawarkan kemampuan mumpuni dengan prosesor Intel Core i9 dan kartu grafis NVIDIA Geforce RTX 3070.

Sama seperti generasi sebelumnya, Asus mengatakan ZenBook Pro Duo 15 OLED sudah tervalidasi sebagai laptop NVIDIA Studio, sehingga sangat cocok bagi para kreator konten.

Tidak hanya itu, laptop ini juga memiliki layar kedua terintegrasi yang dikenal sebagai ScreenPad Plus. Layar laptop ini sudah mengantongi juga sertifikasi PANTONE Validated. 

Lalu ada ZenBook Duo 14 (UX482) sebagai laptop 14 inci yang juga dibekali ScreenPad Plus. Laptop ini didukung Intel Core generasi kesebelas dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX450 atau Intel X Graphics terbaru.

Kedua laptop ini juga didukung dengan software khusus bernama ScreenExpert 2. Lewat software ini, pengguna dapat memanfaatkan ScreenPad Plus tidak hanya sekadar sebagai layar kedua, tapi juga alat tambahan.

Oleh sebab itu, ScreenExpert 2 yang ada di ZenBook Pro Duo 15 (UX582) dan ZenBook Duo 14 (UX482) hadir dengan fitur baru bernama Control Panel. 

Fitur ini merupakan panel khusus yang dapat digunakan untuk mengontrol berbagai tools software Adobe. Software ini disebut dapat bekerja tak ubahnya kontroler fisik yang dilengkapi tombol slider, switch, dan dial. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada VivoBook dan TUF

Lalu ada VivoBook S14 (S435) yang sudah mendapatkan sertifikasi Intel EVO. Laptop ini ditenagai prosesor Intel Core generasi kesebelas dengan chip grafis terintegrasi Intel Xᵉ Graphics.

Sementara untuk segmen bisnis profesional, Asus menghadirkan ExpertBook B9 (B9400 vPro). Asus mengatakan laptop ini sudah dibekali dengan performa andal, keamanan kelas enterprise, termasuk durabilitas terbaik dan daya tahan baterai mumpuni.

Untuk performanya, ExpertBook B9 kini dibekali dengan prosesor 11th Gen Intel Core serta chip grafis terintegrasi Intel Xᵉ Graphics.

Terakhir di segmen gaming, Asus memperkenalkan TUF Dash F15. Laptop ini tampil sebagai laptop gaming portabel yang tetap bertenaga, sebab dibekali dengan Intel Core generasi kesebelas dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3070.

3 dari 3 halaman

Asus Ungkap Deretan Seri Laptop Gaming ROG Baru di CES 2021, Apa Saja?

Sebelumnya, Asus Republic of Gamers (ROG) baru saja mengumumkan deretan laptop gaming terbaru mereka dalam ajang tahunan CES 2021, dan siap meluncur di pasaran pada tahun ini.

Adapun laptop gaming yang diumumkan secara virtual di CES 2021 dini hari tadi hadir dengan berbagai teknologi terkini.

Salah satu seri laptop gaming yang menjadi sorotan kali ini adalah laptop gaming ultraportable dengan fitur desain flip 360 derajat, yakni ROG Flow X13.

ROG Flow X13 sudah ditenagai oleh prosesor mobile AMD Ryzen 9 5980HS yang dipadukan dengan Nvidia GeForce GTX 1650.

Untuk mendongkrak performa laptop agar setara dengan PC gaming di pasaran saat ini, Asus juga menyertakan GPU tambahan atau eksternal yang diberi nama ROG XG Mobile.

Di dalamnya, perusahaan sudah menyematkan grafis Nvidia GeForce RTX 3080 dan juga bertindak sebagai power adaptor, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Rabu (13/1/2021).

Asus mengklaim, ROG Flow X13 menawarkan kemampuan baterai yang mampu bertahan hingga hingga 10 jam saat bermain gim, dengan charger USB Type-C yang dapat mengisi baterai kosong hingga 60 persen hanya dalam 39 menit.

ROG Flow X13 tersedia dalam varian panel FHD 120 Hz atau panel 4K resolusi tinggi, dengan aspect ratio 16:10. Soal harga, Asus membanderol ROG Flow X13 dengan XG Mobile dikisaran harga USD 2,999 atau sekitar Rp 42 jutaan.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.