Sukses

Sony Percepat Rilis Android 11 untuk Xperia 1 dan 5

Sebelumnya, kedua perangkat ini dijadwalkan mendapat update Februari 2021 mendatang, ternyata dimulai lebih awal.

Liputan6.com, Jakarta - Sony sebelumnya mengabarkan Xperia 1 dan Xperia 5 akan mendapatkan update OS terbaru milik Google, yakni Android 11 pada Februari 2021 mendatang.

Akan tetapi, pembaruan sistem operasi di perangkat milik perusahaan asal Jepang tersebut tampaknya akan dipercepat ke bulan ini.

Dikutip dari Notebookcheck, Senin (18/1/2021), Sony melakukan ini sebagai langkah agar dapat memberikan contoh untuk diikuti perangkat Original Equipment Manufacturer (OEM) lain.

Meskipun peluncuran Android 11 di Xperia 1 dan Xperia 5 masih terbatas untuk perangkat di Rusia dan Asia Tenggara, peluncuran global yang lebih luas dapat diharapkan dalam waktu dekat.

Mengacu data di Xperiablog, firmware yang relevan adalah versi 55.2.A.0.630 yang juga menyertakan patch keamanan Desember 2020.

Changelog belum dipublikasikan, tetapi tampaknya Sony Xperia 1 dan Xperia 5 akan menggunakan perangkat lunak kamera sebelumnya dan belum memiliki akses ke aplikasi Photography Pro.

Ketimbang perusahaan smartphone pesaing lainnya, peluncuran update Android 11 untuk Xperia 1 dan Xperia 5 lebih awal dari yang dijadwalkan tentu akan dianggap sebagai langkah baik untuk pengguna setianya.

Kedua smartphone andalan ini awalnya beroperasi pada Android 9.0 Pie saat dirilis sebelum ditingkatkan ke Android 10 pada akhir 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Xperia 1 II dan 5 II Bakal Dapat Android 13

Sony dilaporkan akan merilis pembaruan perangkat lunak Android 13 untuk dua smartphone.

Selain Xperia 1 II yang telah ada di pasaran, Xperia 5 II yang akan meluncur juga akan mendapatkan pembaruan ke OS tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu (2/9/2020), Sony akan memberikan pembaruan tiga versi Android untuk Xperia 1 II. Pembaruan yang terakhir adalah Android 13.

Adapun Xperia 5 II saat ini belum meluncur di pasar. Sejauh ini belum ada konfirmasi tentang waktu kehadiran pembaruan tersebut.

Pihak Sony juga belum memberikan konfirmasi resmi mengenai rencana kehadiran Android 13 untuk kedua smartphone tersebut. 

3 dari 3 halaman

Smartphone Xperia Lainnya

Sementara itu, Xperia 1, Xperia 5, dan Xperia 10 II hanya akan mendapat pembaruan hingga Android 11.

Xperia 10, Xperia 10 Plus, Xperia Ace, Xperia 8, dan Xperia 8 Lite dilaporkan hanya akan mendapatkan pembaruan Android sampai versi 10.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini