Apple MacBook Pro 2021 Tak Akan Dilengkapi Touch Bar?

Oleh Iskandar pada 18 Jan 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 09:30 WIB
MacBook Pro
Perbesar
Ilustrasi render MacBook Pro karya Martin Hajek (Sumber: Tech Insider)

Liputan6.com, Jakarta - Analis Ming-Chi Kuo dari TFI Securities memprediksi Apple akan 'membuang' fungsi Touch Bar pada model MacBook Pro 2021 untuk kembali ke tombol fisik.

Mengutip New York Post, Senin (18/1/2021), Kuo menyatakan Apple akan menghentikan fitur yang sebagian besar tidak disukai oleh pengguna selama lima tahun terakhir.

Pasalnya, Touch Bar dengan strip panjang, tipis, dan interaktif yang terletak di atas keyboard MacBook Pro itu dianggap bukan alat revolusioner yang pertama kali dipasang oleh Apple sejak 2016.

Namun menurut laporan MacRumors, tombol kontrol fisik bukan satu-satunya perubahan besar yang dilakukan Apple pada lini MacBook Pro 2021.

Desain laptop MacBook Pro 14 inci dan 16 inci terbaru disebut-sebut akan berubah, di mana tepi melengkung yang telah diadopsi selama lima tahun terakhir akan dihilangkan dan akan terlihat lebih datar seperti lini iPhone 12.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Akan Lebih Banyak Port

Apple
Perbesar
MacBook Pro baru besutan Apple. (Doc: Apple)

Apple juga diperkirakan bakal menambahkan lebih banyak jenis port, yang mana USB-C telah dibatasi dalam beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, konsumen tidak perlu membeli dongle tambahan untuk menyambungkan berbagai kabel dan perangkat ke MacBook mereka.

Apple juga mengembalikan konektor pengisian daya MagSafe setelah menghilangkannya saat memperkenalkan USB-C ke MacBook. Pada model MacBook lama, MagSafe memungkinkan pengisi daya untuk masuk dan keluar dengan cepat dari komputer menggunakan magnet.

Model MacBook Pro baru diharapkan akan dirilis pada pertengahan 2021.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perubahan Besar pada iMac

iMac
Perbesar
iMac Pro. (Foto: Apple)

Perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino, California itu juga bersiap untuk memberikan perubahan besar pada lini iMac.

Komputer desktop baru akan menampilkan chip M1 Apple yang powerful, serta menerima desain baru yang akan membuat bezel hitam tebal lebih ramping dan bagian belakangnya diratakan agar lebih seperti layar XDR premium yang dirilis pada 2019.

Desain ulang akan menjadi perubahan besar pertama pada komputer sejak 2012, dan akan menjadi pembaruan visual terbesar untuk perangkat Apple tahun ini. Demikian menurut laporan Bloomberg.

(Isk/Ysl)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya