Sukses

Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 via WhatsApp

Berikut cara daftar vaksinasi Covid-19 melalui chatbot Whatsapp (WA) di nomor 081110500567.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan layanan registrasi atau pendaftaran bagi penerima vaksinasi Covid-19 melalui chatbot Whatsapp (WA) di nomor 081110500567.

Namun untuk sementara ini registrasi vaksin Covid-19 melalui WhatsApp hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Cara registrasinya pun sangat mudah, di mana penerima vaksinasi COVID-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp 081110500567 dengan mengetik kata kunci ‘Vaksin’. Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

Selanjutnya, penerima vaksinasi Covid-19 diminta mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Berikutnya

Langkah berikutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi Kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin.

Lalu, chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi. Setelah itu, tiket QR code akan dibagikan bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

 

3 dari 3 halaman

Cek Nama

Para tenaga kesehatan juga bisa mengecek nama mereka di situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran diminta segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke email vaksin@pedulilindungi.id.

Selain via WhatsApp, Kemenkes juga menyediakan channel registrasi vaksinasi Covid-19 melalui SMS Blast PEDULICOVID, Website pedulilindungi.id, melalui email vaksin@pedulilindungi.id, call/UMB *119#, dan Hotline Vaksinasi COVID-19 119 Ext 9.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.