Baru Punya Akun Telegram? Ini Tips Biar Chat Kamu Makin Privat dan Aman

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 14 Jan 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 14 Jan 2021, 08:00 WIB
Logo Aplikasi Telegram
Perbesar
Logo Aplikasi Telegram

Liputan6.com, Jakarta - Gara-gara WhatsApp memperbarui kebijakan privasi dan memaksa pengguna untuk setuju membagikan data kepada Facebook, aplikasi pesan lain kebanjiran pengguna. Salah satunya adalah Telegram.

Jika kamu baru memiliki akun Telegram, berikut adalah sejumlah tips Telegram untuk meningkatkan pengalaman pemakaian.

1. Aktifkan Secret Chat

Chat di Telegram dilengkapi dengan enkripsi user-to-server. Ini agak berbeda dengan chat di WhatsApp atau Signal yang dilengkapi enkripsi end-to-end.

Namun Telegram memiliki fitur Secret Chat yang membuat chat lebih privat. Pasalnya Secret Chat dirancang hanya bersifat sementara karena pesan masuk tak akan disimpan dalam server Telegram.

Cara memulai Secret Chat di Telegram (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Ketika pengguna mengaktifkan Secret Chat, pengguna punya opsi menentukan berapa lama pesan akan terhapus otomatis. Opsi yang ditawarkan mulai dari satu detik hingga satu minggu (setelah pesan dikirim).

Pada Secret Chat, pengguna juga tak bisa meneruskan (forward) atau men-screenshot dan screen record chat. Saat ini, Secret Chat masih terbatas di obrolan antara pengguna dan belum ada di obrolan group.

Untuk mengaktifkan Secret Chat, pilih kontak yang diinginkan, buka chat boks, pada bagian atas informasi pengguna, tap menu (tanda titik tiga). Kemudian pilih opsi Start Secret Chat untuk memulai obrolan rahasia.

Akan ada pop-up untuk mengkonfirmasi ketika kamu ingin memulai Secret Chat.

 

2. Atur Perizinan Undangan ke Grup

Tips Telegram
Perbesar
Tips Telegram, atur siapa saja yang bisa tambahkan kontak kita ke grup (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Telegram memberikan kontrol penuh atas siapa pun yang bisa menambahkan kontak kita ke grup. Jadi, siapa pun tak bisa menambahkan nomor kita ke dalam grup, tanpa izin.

Untuk memulai fitur ini, buka Setting kemudian pilih opsi Privacy and Security. Lalu, pilih Groups, pilih My Contacts, dan terakhir pilih Never Allow.

3. Sebarkan Pesan Menggunakan Sebuah Saluran (Channel)

Pengguna bisa menyebarkan pesan yang sifatnya publik ke lebih banyak pengguna sekaligus menggunakan Channel alias saluran.

Tidak seperti Group, Channel tak dibatasi dengan jumlah pengguna. Kamu bisa menambahkan seberapa pun kontak yang ingin ditambahkan.

Pesan yang dikirim di Channel akan masuk ke nama Channel, bukan masuk ke sebagai pesan individu.

Untuk memastikan pesan penting tetap terbaca, pengguna bisa menyematkan alias Pin pesan yang ada di sebuah Channel.

Untuk mem-pin sebuah pesan, tap pesan yang diinginkan kemudian tap Pin. Pesan yang disematkan akan muncul di bagian atas Channel.

4. Hapus Pesan yang Dikirim Orang Lain

Telegram, Aplikasi Telegram
Perbesar
Telegram, Aplikasi Telegram. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Di Telegram, pengguna punya opsi untuk menghapus pesan yang dikirimkan oleh pengguna lain. Meski hal ini tidak umum, fitur ini lumayan berguna bagi mereka yang memprioritaskan privasi.

Nah, untuk menghapus pesan yang diterima, pilih pesan yang ingin dihapus lalu ketuk tombol hapus.

Di sini pengguna akan ditanya, apakah ingin menghapus pesan dari chat milik orang lain atau hapus dari chat kita sendiri.

Pertanyaan yang dimaksud adalah "hapus juga untuk ABC (kontak lain)" lalu ketuk "Hapus" untuk memastikan bahwa pesan yang dikirim oleh pengirim juga akan dihapus dari perangkat mereka.

 

5. Kunci Pesan

Tips Telegram
Perbesar
Tips Telegram, biar makin aman, jangan lupa aktifkan Passcode Lock untuk mengunci chat kamu (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Biar makin privat, Telegram mengizinkan pengguna untuk mengunci pesan mereka.

Untuk mengaktifkan fitur passcode lock di akun Telegram, kamu hanya perlu masuk ke Setting kemudian pilih Privacy and Security dan pilih Passcode Lock, aktifkan.

Ketika fitur Passcode Lock telah diaktifkan, pengguna bisa mengunci pesan mereka dengan ketuk tanda kunci yang di kanan atas aplikasi Telegram mereka.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓