Sukses

Laporan Pengapalan PC 2020, Lenovo Memimpin

Pasar Personal Computer (PC) secara global mengalami peningkatan dan mencatatkan pertumbuhan tertinggi pada kuartal 4 (Q4) 2020 dengan 25 persen. Lenovo terbanyak mengapalkan, Dell pecah rekor dalam sejarahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mengacu data Canalyst, pengiriman desktop, notebook, dan workstation meningkat 25% dari tahun lalu dengan rekor 90,3 juta unit pertumbuhan PC di seluruh dunia meningkat pesat pada kuartal terakhir 2020.

Permintaan yang kuat dan berkelanjutan di musim liburan menyebabkan pertumbuhan di kuartal ketiga berturut-turut, dengan pengiriman di Q4 naik 13 persen.

Di balik pemulihan yang luar biasa ini setelah Q1 yang terbatas pasokan, total pengiriman PC pada tahun 2020 tumbuh 11 persen menjadi 297,0 juta unit.

Dengan begitu, ini merupakan pertumbuhan setahun penuh tertinggi sejak 2010 dan volume pengiriman tertinggi sejak 2014.

Notebook dan workstation mobile berperan besar dalam peningkatan ini. Pengiriman perangkat tersebut meningkat 25 persen dari 2019 menjadi 235,1 juta unit. Sebaliknya, pengapalan workstation desktop dan desktop turun 22 persen dari tahun lalu mencapai 61,9 juta unit di tahun 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lenovo, HP, Dell dkk

Lenovo menempati posisi pertama di pasar PC pada Q4 dengan rekor pengiriman 23,1 juta unit dan pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 29 persen. Ini berarti juga menempati posisi pertama sepanjang tahun, dengan total pengiriman 72,6 juta unit dan pangsa pasar 24,5 persen.

Disusul HP di posisi kedua dalam peringkat tahunan, dengan pengiriman Q4 sebanyak 19,1 juta unit, menjadikan total tahun 2020 menjadi 67,6 juta unit, naik 7 persen dari jumlah tahun 2019.

Dell kian cemerlang menembus angka 15 juta pengiriman untuk pertama kali dalam sejarahnya yang berada di posisi ketiga, dengan pengiriman Q4 naik 27 persen, menjadikan total tahun 2020 menjadi 50,3 juta unit.

Selanjutnya, Apple dan Acer menempati posisi keempat dan kelima, masing-masing mengirimkan 22,6 dan 20,0 juta perangkat.

Secara total, lima vendor teratas menyumbang 78,5 persen dari pengiriman PC pada tahun 2020.

Direktur Riset Canalys, Rushabh Doshi menyebutkan PC menjadi satu faktor penting dalam perkembangan digital setahun terakhir. Mulai dari transformasi digital di seluruh dunia, hingga memahami virus untuk mendapatkan vaksin.

“Akan sangat sulit untuk menghapus PC seperti yang kita lakukan beberapa tahun yang lalu. PC di sini untuk tinggal. Industri ini layak mendapatkan semua kesuksesan yang telah dicapai,” kata Doshi.

 

3 dari 3 halaman

Tren di 2021

Sementara itu, Analis di Canalyst, Ishan Dutt mengatakan, ekosistem penjualan akan semakin menarik di 2021. Hal ini melihat pada vendor PC yang menyediakan inovasi menarik.

“Inovasi dalam chipset, sistem operasi, konektivitas, dan faktor bentuk akan menjadi pusat perhatian karena industri PC melayani lebih banyak pelanggan yang membawa serta perilaku dan kasus penggunaan baru,” Kata Ishan.

Ia meyakinkan, sebagian besar kendala yang dihadapi akan teratasi pada paruh kedua tahun ini.

“Industri PC bergerak dengan sangat cepat untuk memenuhi basis pengguna yang baru ditemukan. Sementara kekurangan pasokan terus menekan pasar dalam jangka pendek, Canalys yakin sebagian besar masalah akan hilang pada paruh kedua tahun 2021," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini