Samsung Luncurkan Smart Monitor di Indonesia, Hadir dengan OS Tizen

Oleh Agustinus Mario Damar pada 06 Jan 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 06 Jan 2021, 19:00 WIB
Samsung
Perbesar
Tampilan Samsung Smart Monitor M7 yang baru saja diperkenalkan. (Foto: Samsung)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia baru saja mengumumkan telah membuka pre-order untuk Smart Monitor M7 terbaru besutannya. Sesuai namanya, monitor pintar ini sudah hadir dengan sistem operasi Tizen dan memiliki beragam fungsi.

Adapun masa pre-order monitor dibuka mulai 8 hingga 24 Januari 2021. Dalam masa pre-order ini, Samsung menawarkan paket bundel Microsoft 365 Personal selama satu tahun dan Wireless Desktop 900 senilai Rp 1,6 juta.

Samsung menyebut perangkat sebagai monitor Do-It-All pertama di dunia. Sebab, perangkat ini menggabungkan kemampuan monitor konvensional, portal hiburan, konektivitas mobile, ditambah kemampuan remote office menjadi satu.

"Dengan dukungan Tizen OS khas Samsung, Smart Monitor adalah sebuah layar inovatif yang dapat mendukung kerja, belajar, olahraga, ataupun menonton hiburan favorit terbaru–tanpa perlu disambungkan dengan PC," tutur Head of Display Business Samsung Electronics Indonesia, Ellya dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (6/1/2021).

Lebih lanjut Ellya menuturkan, perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mengubahnya menjadi home office. Sebab, Smart Monitor dapat dihubungkan dengan smartphone, laptop, termasuk PC tanpa perlu menggunakan sambungan kabel.

Pengguna tinggal memanfaatkan fitur Tap View, App Casting, atau Screen Mirroring untuk menghubungkannya dari perangkat Android atau Apple AirPlay 2. Apabila ingin merasakan pengalaman desktop lebih lengkap, pengguna dapat memanfaatkan fitur Samsung Dex.

Selain itu, monitor dapat mendukung produktivitas belajar atau bekerja, meski tidak memiliki CPU. Berbekal konektivitas Wi-Fi, Samsung menyebut monitor ini bisa digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi Microsoft Office 365.

Tidak hanya bekerja, kebutuhan hiburan juga dapat dipenuhi, sebab toko aplikasi di monitor ini dapat digunakan untuk mengunduh sejumlah aplikasi streaming, seperti Netflix, HBO, atau YouTube. Adapun harga untuk Smart Monitor M7 berukuran 32 inci dan beresolusi 4K ini adalah Rp 5,9 juta.

2 dari 3 halaman

Samsung Galaxy S21 Dipastikan Rilis pada 14 Januari 2021

Samsung MWC
Perbesar
Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Di sisi lain, Samsung resmi mengungkap tanggal peluncuran flagship smartphone terbarunya Galaxy S21. Galaxy S21 akan dirilis pada 14 Januari 2021.

Perusahaan asal Korea Selatan ini telah membagikan undangan peluncuran Galaxy Unpacked 2021, sebuah acara peluncuran untuk Galaxy S21.

"Welcome to the Everyday Epic," demikian bunyi tagline untuk Galaxy S21 series.

Dikutip dari The Verge, Senin (4/1/2021), peluncuran Galaxy S21 series bakal ditayangkan secara online pada Selasa 14 Januari 2021 pukul 7AM PT (Pasific Time) atau sekitar pukul 22.00 WIB. Para penggemar bisa menyaksikan acara ini melalui samsung.com. Demikian diumumkan perusahaan. 

Galaxy S21 series sendiri menurut rumor akan hadir dalam tiga model, yakni Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra.

3 dari 3 halaman

Teaser Modul Kamera

Galaxy S21
Perbesar
Gambar render Galaxy S21. (Doc: Voice/ OnLeaks)

Galaxy S21 menjadi penerus dari Galaxy S20 series yang dirilis Februari tahun lalu. Saat itu, Samsung memperkenalkan tiga versi yaitu Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra.

Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus kabarnya akan hadir dalam spresifikasi yang sama, hanya memiliki ukuran yang berbeda. Sementara Galaxy S21 Ultra merupakan yang paling premium dari ketiganya, akan hadir dengan spesifikasi dan kamera yang lebih tinggi.

Salah satu seri paling premium, Galaxy S21 Ultra diyakini akan mendapatkan dukungan layar lengkung dan fitur pena digital S Pen.

Sejauh ini belum banyak bocoran mengenai tampilan resmi Galaxy S21. Dalam video teaser yang dipublikasikan Samsung, hanya tampak tampilan frame modul kamera Galaxy S21.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓