Sukses

Coba 3 Fitur Twitter Ini yang Jarang Digunakan

Ada beberapa fitur yang mungkin belum pernah kamu gunakan. Yuk, simak tiga fitur yang dapat memudahkan kamu menggunakan Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring sosial Twitter menjadi favorit bagi sebagian besar orang. Bahkan terus berkembang dengan fitur-fitur menarik.

Aplikasi yang menonjolkan teks ini kerap menjadi media persebaran informasi yang sangat cepat.

Ada beberapa fitur yang mungkin belum pernah kamu gunakan. Yuk, simak tiga fitur yang dapat memudahkan kamu menggunakan Twitter.

Bookmark

Fitur pertama adalah Bookmark. Belum banyak orang yang mengetahui penggunaan fitur ini. Bookmark di Twitter sekilas mirip dengan ‘Likes’, yakni menyimpan cuitan untuk dibaca kemudian hari.

Tapi, ada perbedaan antara keduanya. Jika fitur Likes bersifat publik atau dapat dilihat orang lain, Bookmark hanya dapat dilihat oleh penggunanya atau privat.

Dengan demikian, orang lain yang membuka profil kamu tidak dapat melihat daftar cuitan apa saja yang sudah kamu bookmark.

Untuk menggunakannya, kamu perlu membuka cuitan yang dipilih terlebih dahulu. Lalu, klik pada tombol ‘bagikan’ kemudian ‘tambahkan ke Bookmark’.

Kamu dapat melihat daftar bookmark di Twitter dengan mengklik foto profil di sisi kiri atas, lalu pilih opsi Bookmark.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

List

Selanjutnya adalah List. Melalui fitur ini kamu bisa mengelompokkan cuitan dari akun-akun yang telah masuk daftar.

Misalnya, kamu mengelompokkan cuitan dari akun resmi portal berita. Akun yang masuk dalam daftar ini tidak akan terganggu oleh cuitan-cuitan lain sebagaimana pada lini masa di halaman muka.

Caranya, kamu perlu membuka profil akun yang ingin dimasukkan. Lalu, ketik titik tiga pada sisi kanan atas, kemudian pilih opsi ‘tambah/hapus dari daftar’. Selanjutnya, pilih kategori yang sudah dibuat.

Menurut percobaan, kategori dari daftar ini perlu kamu buat melalu Twitter versi web. Terjadi beberapa kesalahan ketika ingin membuat kategori baru melalui aplikasi di smartphone.

Kamu dapat melihat daftar milik orang lain dengan masuk ke bagian profilnya, lalu ketik titik tiga di sisi atas kanan, dan pilih opsi ‘lihat daftar’ atau ‘view list’.

 

3 dari 3 halaman

Posting Video Tanpa Download

Jika kamu ingin memuat video dari akun lain tanpa perlu mengunggahnya dulu, kamu perlu gunakan cara praktis ini. Video yang dimuat akan menghadirkan deskripsi singkat sumber orang yang memuatnya pertama kali.

Ada cara mudah yang dapat dilakukan. Pertama, buka cuitan yang memuat video, lalu klik beberapa saat hingga muncul notifikasi ‘copied to clipboard’.

Selanjutnya buka sebagaimana kamu ingin memulai cuitan, klik beberapa saat dan pilih opsi ‘paste’. Setelah itu, hapus teksnya dan sisakan tautannya saja.

Kamu bisa menambahkan deskripsi lain sebelum tautan yang tersisa dan video akan dimuat dengan keterangan sumber videonya.

Demikian fitur dan trik di Twitter yang jarang digunakan oleh orang. Silakan mencobanya untuk penggunaan aplikasi yang lebih praktis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini