Sukses

Unik! Aplikasi Etika Chat Dosen yang Menjawab Keresahan Mahasiswa

Merespon keresahan beberapa mahasiswa yang kesulitan menghubungi dosen, kini hadir aplikasi Etika Chat Dosen. aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5000 pengguna.

Liputan6.com, Jakarta Menghubungi dosen dengan kalimat baku kerap menjadi keresahan sebagian mahasiswa. Pasalnya, mereka mengaku kesulitan untuk berkomunikasi secara formal.

Merespons fenomena tersebut, hadir aplikasi bernama Etika Chat Dosen. Tampilan aplikasi ini cukup sederhana dengan perpaduan warna antara biru dan putih yang dominan. Aplikasi ini akan terintegrasi langsung ke aplikasi perpesanan WhatsApp.

Pada halaman awal aplikasi itu pengguna akan disuguhkan tab 'Buat Pesan Baru'. Pada bagian ini, pengguna dapat memilih gender dosen yang ingin dihubungi, kemudian kotak isian tujuan menghubungi dosen, pertanyaan yang diajukan untuk dosen, serta ditutup ucapan terima kasih untuk dosen.

Aplikasi Etika Chat Dosen

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan rekomendasi kalimat awal tujuan menghubungi dosen, seperti "Saya ingin bertanya" dan "Saya ingin asesmen". Selain itu pada bagian pertanyaan dan ucapan terima kasih juga memuat rekomendasi kalimat yang dapat digunakan.

Sebelum membuat pesan dan mengirimkannya ke nomor kontak dosen, mahasiswa akan lebih dulu diminta untuk mengisi bagian ‘Profil Pengirim’. Ia cukup menuliskan nama lengkap dan kelas.

Setelah melakukan itu, secara otomatis nama dan teks yang sudah dimasukan tadi akan membentuk sebuah pesan. Kemudian, ia baru dapat mengirimkan pesan itu ke dosen yang ingin dituju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tembus 5000 Unduhan

Menurut pantauan Tekno Liputan6, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5000 pengguna di Google Play Store. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia bagi Android saja.

Netizen menanggapi terkait aplikasi ini di Twitter. Beberapa terkesan atas hadirnya aplikasi ini, yang lainnya menanggapi dengan kritik.

"Aplikasi yang bermanaat buat mahasiswa. Saya bantu share yg lg kesulitan japri dosennya. Setau saya baru ada di android," cuit dokter yang juga pengusaha, @tirta_hudhi.

Sementara itu, akun @kartiko29 memberikan kritiknya.

"hmm.. Cuman lagi mikir kenapa aplikasi ini dibuat? Apa masih banyak yang kurang ‘beretika’ dalam chat ke dosen. Tapi ya lumayan bisa membantu juga buat yang bingung cari kata-kata sebelum chat ke dosen," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini