Sukses

Telkom: Izin Slot Orbit untuk Telkomsat akan Perkuat Bisnis Satelit

Telkom menyatakan izin slot orbit 113 derajat BT untuk satelit Telkomsat akan memperkuat bisnis satelit milik TelkomGroup.

Liputan6.com, Jakarta - Telkom melalui anak perusahaannya PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) ditetapkan sebagai pemenang seleksi penggunaan filing satelit Indonesia di slot orbit 113 derajat BT.

Menggantikan Indosat yang sebelumnya mengundurkan diri dari investasi pengadaan satelit multifungsi, Telkomsat merupakan penyedia layanan satelit yang telah berpengalaman memberikan layanan berkualitas dengan standar internasional.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, "Keberhasilan mendapatkan filing slot orbit 113 derajat BT merupakan hal strategis bagi pengembangan bisnis satelit Telkomsat dalam memperkuat penyediaan infrastruktur satelit TelkomGroup."

Dalam pernyataan yang diterima Liputan6.com, Rabu (6/1/2021), Ririek juga berharap agar izin penggunaan slot orbit tersebut dapat mendukung TelkomGroup dalam menghadirkan konektivitas hingga pelosok sekaligus meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

"Ke depannya, TelkomGroup melalui Telkomsat merencanakan untuk menempatkan satelit dengan teknologi terbaru (high throughput satellite/HTS) yang cocok untuk melayanai pelanggan broadband satelit, mencakup pita frekuensi C band dan Ku band di slot orbit 113 derajat BT sebelum 31 Desember 2024," kata Ririek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telkomsat Ikuti Seleksi Sejak Oktober 2020

Sekadar informasi, slot orbit 113 derajat BT merupakan salah satu slot orbit premium yang dikelola Kemkominfo sebagai administrator telekomunikasi Indonesia.

Kemkominfo menyelenggarakan proses seleksi pengguna filing satelit Indonesia di slot orbit 113 derajat BT pada 5 Oktober 2020.

Telkomsat menjadi salah satu peserta seleksi yang dilaksanakan dengan prinsip efisien, efektif, tidak diskriminatif, dan akuntabel dengan menggunakan metode evaluasi komparatif (beauty contest).

Telkomsat pun dinyatakan berada di posisi tertinggi pada peringkat peserta seleksi berdasarkan penilaian evaluasi kelayakan.

Ririek berharap, dengan mendapatkan izin penggunaan filing slot orbit ini, langkah Telkomsat menjadi penyelenggara layanan satelit terkemuka di regional bisa terwujud.

3 dari 3 halaman

Portofolio Satelit Telkomsat

Telkomsat (PT Telkom Satelit Indonesia) merupakan anak perusahaan Telkom yang menangani urusan satelit.

Saat ini, Telkomsat tengah mengoperasikan satelit Merah Putih di slot orbit 108 derajat BT, satelit Telkom 3S di slot orbit 118 derajat BT, dan satelit Telkom 2 di slot orbit 157 derajat BT.

Selanjutnya, Kemkominfo disebut akan melakukan pemantauan dan pengawalan terhadap proses pengadaan satelit multifungsi yang dilakukan oleh Telkomsat.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.