Sukses

Lebih dari 125 Ribu Data Mahasiswa UNDIP Bocor

Lebih dari 125 ribu data mahasiswa UNDIP (Universitas Diponegoro) dilaporkan bocor.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 125 ribu data mahasiswa UNDIP (Universitas Diponegoro) dilaporkan bocor. Hal ini diketahui dari unggahan seorang warganet di Twiiter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (5/1/2020), akun Twitter yang kali pertama mengunggah kebocoran data pribadi itu adalah @fannhasbi.

"Breached! Lebih dari 125 ribu data mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) bocor," tulis pemilik akun yang mengaku sebagai security enthusiast tersebut.

Adapun data lengkap mahasiswa UNDIP yang bocor termasuk alamat, jalur masuk, email, username, password, IPK, riwayat sekolah, beasiswa, dan lainnya.

Hingga berita ini naik, tim Tekno Liputan6.com masih terus menghubungi pihak UNDIP untuk dimintai keterangan terkait masalah kebocoran data ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Peneliti Keamanan Siber

Terkait masalah ini, peneliti dan konsultan keamanan siber Teguh Aprianto, tergelitik untuk memberikan komentar via Twitter.

Lewat akun Twitter pribadinya, @secgron, ia menduga ada lebih banyak lagi data mahasiswa UNDIP yang bocor.

"Ini yang ketahuan, yang ga ketahuan lebih banyak lagi dan hampir seluruh kampus di Indonesia. Itu password hash-nya SHA1 ya?," kicau Teguh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini