Top 3 Tekno: Cakupan Akses Aplikasi PeduliLindungi Sedot Perhatian

Oleh Yuslianson pada 04 Jan 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 04 Jan 2021, 11:15 WIB
Aplikasi PeduliLindungi. Dok: pedulilindungi.id
Perbesar
Aplikasi PeduliLindungi. Dok: pedulilindungi.id

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang apa saja yang diakses oleh aplikasi PeduliLindungi saat terpasang di smartphone, sedot perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (3/1/2021).

Tak hanya itu, pembaca juga menaruh perhatian soal solusi mengatasi sulitnya mengunduh media di WhatsApp, dan pernyataan Kemkominfo soal keamanan aplikasi PeduliLindungi.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Aplikasi PeduliLindungi Disebut Terlalu Banyak Akses Informasi Pengguna

Aplikasi PeduliLindungi. Dok: play.google.com

Aplikasi PeduliLindungi disebut terlalu banyak mengumpulkan data pengguna. Pernyataan ini merupakan hasil laporan terbaru The Citizen Lab dari Munk School of Global Affairs & Public Policy, Universitas Toronto.

Dalam laporannya, The Citizen Lab menyebut ada beberapa akses berlebihan yang ditemui di aplikasi PeduliLindungi.

Salah satunya adalah aplikasi ini mengirimkan informasi lokasi perangkat termasuk nama pengguna, nomor telepon, dan pengenal perangkat ke server pengembang.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2 dari 3 halaman

2. 5 Solusi Ampuh untuk Atasi Kesulitan Unduh Media di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

WhatsApp tak dimungkiri telah menjadi aplikasi chatting paling banyak digunakan saat ini. Selain berkirim pesan teks, lewat aplikasi ini, pengguna juga dapat berkirim foto atau video.

Namun tidak jarang, penerima pesan kadang mengalami kesulitan untuk mengunduh foto atau video yang dikirimkan. Padahal, bisa saja foto atau video itu merupakan pesan penting.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan memberikan sejumlah solusi mengatasi kesulitan mengunduh file media yang ada di WhatsApp, seperti dikutip dari Make Use Of, Minggu (3/1/2021).

Baca Selengkapnya di Sini

3 dari 3 halaman

3. Kemkominfo Jamin Aplikasi PeduliLindungi Bebas Malware dan Phishing

Aplikasi PeduliLindungi. Dok: Istimewa

Baru-baru ini, ada informasi beredar yang menyebut aplikasi PeduliLindungi tidak aman. Aplikasi ini disebut rawan phishing dan telah disusupi oleh malware.

Informasi mengenai hal tersebut dibantah oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Menurut Kemkominfo, aplikasi ini dipastikan aman.

"Aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah dapat diunduh melalui App Store dan Play Store tidak melalui APK, sehingga sangat secure dari phishing dan malware," tulis Kemkominfo seperti dikutip dari situs resminya, Minggu (3/1/2021).

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait