Huawei P50 Tak Akan Menjadi Ponsel Pertama dengan HarmonyOS

Oleh Yuslianson pada 04 Jan 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 04 Jan 2021, 09:45 WIB
Mate 40
Perbesar
Mate 40 Series (Foto: Huawei)

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi soal smartphone pertama Huawei yang akan menggunakan HarmonyOS memang sudah lama beredar di dunia maya.

Beberapa waktu lalu, Huawei disebut-sebut akan mengumumkan smartphone pertama dengan HarmonyOS pada tahun ini.

Kabar terkini, sumber Weibo (@ 鹏鹏 君) mengatakan Huawei P50 tidak akan menjadi ponsel pertama dengan HarmonyOS.

Mengutip Gizchina, Senin (4/1/2021), perangkat dengan HarmonyOS tersebut saat ini sudah memasuki tahap produksi akhir, dan akan dijual ke toko offline Huawei saat resmi dirilis.

Saat ini, Huawei telah meluncurkan HarmonyOS 2.0 mobile beta bagi developer sejak pertengahan Desember 2020.

 

2 dari 3 halaman

HarmonyOS Masih Tahap Beta

Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

Berhubung uji coba HarmonyOS 2.0 masih terbatas di Tiongkok, dapat dipastikan OS milik Huawei ini akan meluncur pertama kali untuk konsumen di negara tersebut.

Lalu bagaimana dengan pengguna smartphone Huawei di dunia? Walau masih belum ada kabar, dapat dipastikan baru beberapa waktu HarmonyOS meluncur di pasar global.

Sebelumnya, Huawei P50 akan menjadi ponsel milik perusahaan yang akan menggunakan sistem operasi HarmonyOS 2.0.

3 dari 3 halaman

Sambangi 42 Smartphone Huawei

Sebuah daftar berisi deretan smartphone Huawei yang bakal kebagian HarmonyOS pun diungkapkan oleh Huawei Central (HC). Menariknya, pada daftar ini termasuk smartphone Honor V40, Huawei Nova 8, dan Huawei Nova 8 Pro yang saat ini belum resmi diluncurkan.

HC mengonfirmasi, ketiga smartphone ini masuk dan tidak dikonfirmasi secara resmi. Namun, situs web yang fokus pada Huawei ini jarang memberikan informasi yang salah berkaitan tentang Huawei. Demikian dikutip dari GSM Arena, Senin (16/11/2020).

Untuk perangkat Honor, tidak ada perangkat entry level, seri Honor 9, Honor 30i, atau Honor 30 Youth yang kebagian HarmonyOS.

Sepertinya, semua perangkat dengan GMS tidak akan beralih ke HarmonyOS. Sementara, pelan-pelan Huawei akan menghentikannya secara bertahap. Selain smartphone, tiga smartwatch dan tiga tablet juga akan mendapatkan update HarmonyOS.

(Ysl/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by