Sukses

Tips WhatsApp: Begini Cara Mudah Hapus Foto dan Video di Aplikasi

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur Storage Management di WhatsApp ini? Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru-baru ini memperkenalkan sebuah fitur anyar ke dalam aplikasi milik Facebook tersebut yang diberi nama Storage Management atau Manajemen Penyimpanan Data.

Dengan fitur baru ini, pengguna dapat lebih mudah mengidentifikasi, meninjau (preview), dan menghapus foto atau video di WhatsApp sekaligus.

"WhatsApp kini mengelompokkan dokumen berukuran besar, serta media yang telah diteruskan berkali-kali," tulis pihak WhatsApp, memberikan penjelasan soal Manajemen Penyimpanan Data.

Dijelaskan lebih detail, fitur ini juga akan mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur Storage Management di WhatsApp ini? Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka di Settings WhatsApp

Aplikasi pesan singkat, WhatsApp, terus memperkaya fitur-fitur di perangkat mobile hingga desktop.

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalah membuka Pengaturan (Setting) > Penyimpanan dan Data (Data and Storage Usage) > Kelola Penyimpanan (Manage Storage).

Setelah di dalam menu, kamu dapat mengetahui storage yang digunakan dan berapa banyak penyimpanan yang tersedia.

Di bagian bawah, akan ada semua file media kamu yang dipisahkan menjadi dua bagian: Diteruskan berkali-kali (Forwarded many times) dan Lebih dari 5 MB (Larger than 5MB).

 

3 dari 3 halaman

Hapus Sebagian atau Semua?

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Kamu akan memiliki beberapa opsi tentang bagaimana cara menghapus file-file tersebut, termasuk opsi untuk memilih file tertentu atau semuanya.

Ada juga opsi di bagian bawah yang mencantumkan semua chat dengan kontak kamu, dan dapat menghapus file media yang telah dibagikan di sana.

Bila fitur ini belum muncul, pastikan kamu telah meng-update aplikasi WhatsApp ke versi terkini lewat Play Store atau App Store.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.