Sukses

5 Solusi Ampuh untuk Atasi Kesulitan Unduh Media di WhatsApp

Cek solusi ampuh untuk mengatasi masalah kesulitan mengunduh file media di WhatsApp lewat artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp tak dimungkiri telah menjadi aplikasi chatting paling banyak digunakan saat ini. Selain berkirim pesan teks, lewat aplikasi ini, pengguna juga dapat berkirim foto atau video.

Namun tidak jarang, penerima pesan kadang mengalami kesulitan untuk mengunduh foto atau video yang dikirimkan. Padahal, bisa saja foto atau video itu merupakan pesan penting.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com akan memberikan sejumlah solusi mengatasi kesulitan mengunduh file media yang ada di WhatsApp, seperti dikutip dari Make Use Of, Minggu (3/1/2021).

1. Cek Koneksi Internet

Hal pertama yang dapat kamu lakukan saat kesulitan mengunduh file adalah memastikan perangkat terhubung dengan internet. Sebab, koneksi internet menjadi penyebab yang paling mungkin terjadi saat kesulitan mengunduh file di WhatsApp. 

Kamu dapat dapat melihat tanda sinyal yang ada di smartphone untuk memastikan memang internet berjalan lancar. Selain itu, coba akses aplikasi lain atau membuka situs web untuk memastikan perangkatmu masih terkoneksi internet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pastikan Memori Perangkat

2. Cek Memori Perangkat

Penyebab lain dapat membuatmu kesulitan mengunduh file media adalah kapasitas memori yang kamu miliki. Karenanya, selalu pastikan bahwa perangkatmu memiliki kapasitas memori yang cukup untuk mengunduh file kiriman orang lain.

Kamu dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi bawaan yang memang kini tersedia di smartphone Android untuk mengecek kapasitas memori. Apabila memang terlalu penuh, hal yang dapat kamu lakukan adalah menghapus data-data di perangkat.

3. Pastikan WhatsApp Bisa Akses Memori Perangkat

Hal penting lain untuk mengatasi masalah kesulitan mengunduh file media di smartphone Android adalah memastikan WhatsApp telah mendapat izin mengakses memori penyimpanan perangkat.

Untuk melakukannya, kami tinggal membuka menu Setting, lalu pilih Apps & Notification. Setelahnya buka aplikasi WhatsApp, pilih Permissions dan Storage, lalu pilih opsi Allow.

 

3 dari 3 halaman

Coba Restart Perangkat

4. Tutup Paksa WhatsApp

Cara lain yang dapat dilakukan menutup paksa aplikasi WhatsApp atau biasa disebut Force Stop. Kamu dapat melakukannya dengan membuka menu Settings dan pilih Apps & Notification.

Setelah itu. kamu tinggal memilih membuka aplikasi WhatsApp. Begitu terbuka, kamu tinggal ketuk pilih ikon Force Stop untuk menutup aplikasi.

5. Restart Perangkatmu

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah me-restart perangkat. Cara ini memang bisa menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengatasi sejumlah masalah yang ada di smartphone.

Namun perlu diingat, kamu juga perlu memastikan apakah memang WhatsApp berjalan normal dan tidak down, sehingga mengakibatkan layanannya tidak berfungsi normal, termasuk mengunduh file media.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini