Sukses

Tantangan Samsung Rancang TV Layar Rotasi Pertama di Dunia

Samsung mengaku menghadapi tantangan besar serta bekerja keras selama merancang TV Layar Rotasi, The Sero.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja memperkenalkan The Sero, sebuah TV dengan kemampuan rotasi dari layar horizontal ke vertikal yang diklaim pertama di dunia, semudah memutar smartphone atau tablet.

Dalam proses penciptaan The Sero, Samsung mengaku menghadapi tantangan besar serta bekerja keras merancang dan menentukan arah pengalaman spesifik yang akan dirasakan pengguna.

Mulai dari merancang pengalaman menonton seperti di smartphone, cara terbaik mengakses konten, dan cara pengaturan konten dari jarak jauh. Samsung menegaskan setiap fitur telah melewati pengujian ekstensif.

Tantangan pertama adalah mewujudkan layar yang dapat berputar dengan mulus dari horizontal ke vertikal maupun sebaliknya.

Diperlukan pengujian teknis yang panjang hingga akhirnya menghasilkan proses yang sangat mudah bagi pengguna saat ingin merotasi layar.

Hasilnya, cukup menggunakan remote control atau menggunakan asisten suara Bixby, layar TV akan berputar secara mulus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelitian Ekstensif

Sebelum menciptakan The Sero, Samsung melakukan penelitian ekstensif mengenai tren yang ada di masyarakat dalam mengonsumsi konten.

Fomalhaut Sundamen, Head of TV/AV Product Marketing Samsung Electronics Indonesia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, pengguna telah terbiasa menikmati konten media sosial, gim, hingga video musik di smartphone mereka dengan orientasi vertikal.

"Tren yang paling menonjol selama pengamatan kami adalah bahwa berbagai perangkat, dari TV, PC hingga tablet dan smartphone, saat ini digunakan sebagai media konsumsi," ujar Fomalhaut melalui keterangannya, Sabtu (2/1/2021).

Lebih lanjut, ia menambahkan juga lebih banyak orang menggunakan layanan video streaming dibandingkan sumber media konvensional.

"Hasil pengamatan tersebut yang mendorong Samsung ingin meningkatkan pengalaman konten ini dengan memindahkannya ke layar yang lebih besar,” pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Tantangan Krusial

Bagian krusial selanjutnya adalah kemampuan mirroring yang kemudian menjadi salah satu fitur unggulan The Sero.

Samsung bekerja keras mewujudkan cara termudah bagi pengguna untuk mirroring konten smartphone ke The Sero tanpa proses merepotkan.

Hasilnya, fitur Tap View memungkinkan pengguna cukup mengetukkan smartphone di bagian layar The Sero untuk memulai mirroring konten.

Integrasi The Sero-smartphone ini turut diperkuat kemampuan intuititf untuk berputar mengikuti orientasi smartphone pengguna, baik digunakan dalam format vertikal atau pun horizontal.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini