Sukses

Wajib Tahu, WhatsApp Tak Bisa Dipakai di Smartphone Ini Mulai 2021

Pengguna WhatsApp wajib tahu, ada sejumlah smartphone baik Android dan iPhone yang tidak lagi didukung layanan WhatsApp mulai 2021. Ini daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 2021, aplikasi pesan WhatsApp akan menghentikan dukungan di sejumlah smartphone Android dan iOS. Artinya, WhatsApp tidak bisa lagi dipakai di beberapa smartphone lawas, baik itu Android atau iPhone.

Alasan WhatsApp tidak lagi bisa dipakai di sejumlah smartphone lawas karena OS atau sistem operasi yang terlalu lawas alias ketinggalan zaman.

Berikut adalah sejumlah smartphone yang tidak lagi bisa dipakai untuk WhatsApp-an, dikutip dari Enterpreneur, Senin (21/12/2020).

- Android 4.0.3 atau Versi di Bawahnya

WhatsApp tidak akan lagi mendukung smartphone yang menggunakan sistem operasi lawas Android 4.0.3 atau pun yang berada di bawahnya.

Sejumlah smartphone yang mentok di OS Android versi 4.0.3 antara lain adalah:

1. Samsung Galaxy S2

2. Motorola Droid Razr

3. HTC Desire

4. LG Optimus Black

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPhone 4

- Semua iPhone yang Masih Pakai iOS 8 atau di Bawahnya

Kabar buruknya, semua iPhone yang masih memakai iOS 8 ke bawah tidak akan lagi bisa mengakses WhatsApp. Dalam hal ini, iPhone 4 dan model sebelumnya tak lagi kebagian layanan WhatsApp.

Model iPhone lawas lain seperti iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S harus diperbarui sistem operasinya menjadi iOS 9 agar tetap bisa memakai WhatsApp.

Perlu diketahui, untuk iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE masih mendapatkan dukungan hingga iOS 14.

 

3 dari 3 halaman

Cek OS Untuk Memastikan

Jika kamu ingin memastikan apakah smartphone Android masih bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp, kamu bisa mengecek melalui menu Setting.

Kemudian, kamu bisa memilih opsi About System atau About Device. Di sana, kamu bisa menemukan versi Android di smartphone kamu.

Kalau perangkat kamu memakai versi Android lebih baru dari Android 4.0.3, smartphone kamu masih bisa dipakai untuk mengakses WhatsApp.

Kamu juga perlu tahu, kelima smartphone di atas tak lagi bisa di-update OS nya ke versi lebih tinggi. Artinya, smartphone-smartphone di atas tidak lagi mendukung penggunaan WhatsApp.

Dengan begitu, pengguna yang masih memakai smartphone lawas di atas bisa berganti perangkat untuk bisa tetap menggunakan WhatsApp.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini