Adu Kemampuan Xiaomi Mi 10T Pro dan Samsung Galaxy S20 FE, Siapa Unggul?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 18 Des 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 18 Des 2020, 22:19 WIB
Xiaomi Mi 10T Pro dan Samsung Galaxy S20 FE
Perbesar
Tampilan Xiaomi Mi 10T Pro dan Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M Damar)

Liputan6.com, Jakarta - Menutup akhir tahun 2020, ada dua smartphone yang menarik perhatian Tekno Liputan6.com, yakni Xiaomi Mi 10T Pro dan Samsung Galaxy S20 FE. Keduanya hadir dengan pendekatan yang mirip, yaitu perangkat flagship yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Seperti diketahui, baik Mi 10T Pro dan Galaxy S20 FE dibekali dengan spesifikasi mumpuni dan serupa dengan versi flagship di atasnya yang dibanderol lebih mahal.

Kami telah menjajal dua perangkat yang terbilang baru itu selama beberapa hari dan melakukan perbandingan dari sisi desain, performa, dan kamera.

Lantas, bagaimana perbandingan antara Mi 10T Pro dan Galaxy S20 FE? Berikut ini adalah ulasan singkat dari kami mengenai kedua produk anyar Xiaomi dan Samsung tersebut.

Desain

Dari sisi desain, kedua produk ini hadir dengan tampilan yang menjadi ciri khas masing-masing vendor. Nuansa Galaxy S20 jelas terlihat di Galaxy S20 FE, begitu juga desain Mi 10T Pro yang sedikit mengingatkan pada Mi 10.

Hanya, dengan banderol harga lebih murah, keduanya memiliki perbedaan material dari versi di atasnya. Mi 10T Pro hadir dengan bodi yang dibalut finishing glossy, sehingga memberikan efek serupa kaca.

Sebagai perlindungan, Xiaomi sudah membenamkan Corning Gorilla Glass di bodi, layar, hingga kamera. Dengan desain itu, kesan premium sangat terasa di Mi 10T Pro.

Namun dengan bodi belakang yang demikian, sidik jari mudah membekas. Beruntung, Xiaomi menyertakan casing bawaan yang terbilang menarik dan tidak ala kadarnya.

Tampilan Xiaomi Mi 10T Pro dan Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M Damar)

Sementara Galaxy S20 FE memiliki bodi polikarbonat dengan opsi warna beragam. Samsung tidak menyertakan casing bawaan dalam paket pembelian smartphone ini, tetapi sidik jari memang tidak mudah menempel di bodi belakang perangkat ini.

Meski memiliki layar terbilang besar, keduanya nyaman digunakan, bahkan dengan satu tangan. Mereka juga memiliki bodi yang tidak licin saat digenggam, sehingga aktivitas mengetik atau melihat media sosial terasa lebih mantap.

Mi 10T Pro hadir dengan pemindai sidik jari fisik yang juga berlaku sebagai tombol power. Adapun Galaxy S20 FE memiliki pemindai sidik jari di layar.

Untuk layar, Mi 10T Pro hadir dengan panel IPS berukuran 6,67 inci, sedangkan Galaxy S20 FE membawa layar Super AMOLED seluas 6,5 inci. Perbedaan penggunaan layar ini nyatanya juga tidak terlalu terasa saat pemakaian, meski ciri khas masing-masing panel tetap ada.

Secara keseluruhan, desain yang ditawarkan Mi 10T Pro lebih elegan dan terasa lebih kokoh, mengingat efek serupa kaca yang ada di bodi belakang. Sementara Galaxy S20 FE memiliki nuansa ceria dengan bodi yang memiliki warna lebih berani. 

2 dari 4 halaman

Performa

Xiaomi
Perbesar
Tampilan Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Baik Mi 10T Pro dan Galaxy S20 FE sama-sama dibekali chipset yang memiliki performa mumpuni. Karena itu, untuk urusan pemakaian, keduanya sama-sama memberikan pengalaman menjanjikan.

Saat dipakai untuk bermain gim seperti Call of Duty, Shadow Fight Arena, dan League of Legends: Wild Rift, kami bisa menyetel grafis hingga kualitas tinggi. Saat dimainkan, kami juga tidak merasakan lag yang berarti.

Xiaomi dan Samsung juga membekali keduanya dengan refresh rate tinggi; Mi 10T Pro memiliki refresh rate 144Hz dan Galaxy S20 FE hadir dengan refresh rate 120Hz. Berbekal dukungan ini, pengalaman menggunakan keduanya pun kian menyenangkan.

Namun yang membedakan, Xiaomi membekali Mi 10T Pro dengan kemampuan AdaptiveSync yang memungkinkan perangkat mengatur refresh rate secara otomatis tergantung pada aplikasi yang berjalan. Sementara fitur serupa tidak ada di Galaxy S20 FE.

Fitur ini harus diakui membuat Mi 10T Pro memiliki daya tahan baterai lebih baik dari Galaxy S20 FE saat sama-sama digunakan dengan refresh rate tinggi.

Kendati demikian, secara keseluruhan performa baterai kedua smartphone ini sebenarnya sama baiknya dalam penggunaan sehari-hari. Namun, Mi 10T Pro memiliki kapasitas baterai lebih besar 5.000mAh, sedangkan Galaxy S20 FE mempunyai baterai berkapasitas 4.500mAh saja.

Tampilan Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Xiaomi dan Samsung juga sudah menyertakan dukungan fast charging di kedua produk ini. Hanya, Mi 10T Pro kembali lebih unggul dari Galaxy S20 FE sebab Xiaomi sudah membekali charger berdaya 33W dalam paket pembelian.

Sementara Samsung hanya menyertakan charger dengan fast charging 15W di paket pembelian, tetapi produk ini sebenarnya telah mendukung fitur fast charging 25W. Maka dari itu, berdasarkan pengalaman kami, Mi 10T Pro memiliki waktu pengisian daya lebih singkat.

Sebagai informasi, Mi 10T Pro menjalankan MIUI 12 berbasis Android 10 dan Galaxy S20 FE menjalankan One UI 2.5 berbasis Android 10. 

3 dari 4 halaman

Kamera

Mi 10T Pro
Perbesar
Penampakan kamera belakang Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Mi 10T Pro dan Galaxy S20 FE memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi yang lebih sama. Mi 10T Pro memiliki lensa utama 108MP, lensa ultrawide 13MP dan lensa makro 5MP, sedangkan Galaxy S20 FE hadir dengan lensa utama 12MP, lensa ultra-wide 12MP dan lensa telephoto 8MP.

Hasil tangkapan kedua smartphone ini pun harus diakui sangat memuaskan dengan gambar apik dan detail. Hanya karakter hasil tangkapan kedua smartphone ini memang sedikit berbeda.

Tampak kamera belakang Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kedua smartphone ini juga dibekali sejumlah fitur untuk menunjang kemampuan fotografi maupun videografinya. Berikut ini beberapa sampel foto hasil jepretan kedua perangkat .

Hasil Foto Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil foto Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Xiaomi Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Samsung Galaxy S20 FE

Hasil foto Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Samsung Galaxy S20 FE (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Mi 10T Pro
Perbesar
Boks penjualan Xiaomi Mi 10T Pro (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Dengan posisi yang ditawarkan Mi 10T Pro dan Galaxy S20 FE, keduanya harus diakui memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. 

Mi 10T Pro hadir dengan desain yang lebih premium dan memiliki daya tahan baterai lebih awet. Selain itu, perangkat ini memiliki layar berukuran lebih besar, sehingga aktivitas multimedia lebih memuaskan. 

Galaxy S20 FE hadir dengan desain lebih warna-warni mengisyaratkan kesan lebih ceria dan muda dan tampil muda. Dengan layar lebih kecil, smartphone ini cocok untuk pengguna yang memang tidak terlalu menyukai perangkat berlayar besar. 

Galaxy S20 FE Cloud Mint (Foto: Samsung Indonesia)

Sementara untuk urusan performa maupun kamera, keduanya benar-benar mampu memenuhi ekspektasi pengguna. Bahkan untuk kebutuhan atau aktivitas berat sekalipun. 

Persoalan perbedaan panel layar yang digunakan, kami merasa keduanya sama memiliki ciri khas masing-masing. Namun berdasarkan pengalaman selama penggunaan, kami merasa perbedaan keduanya tidak terlalu kentara. 

Oleh sebab itu, kami merasa Mi 10T Pro merupakan perangkat yang direkomendasikan untuk rentang harganya saat ini, yakni Rp 6,9 juta. Melihat kemampuan yang dimilikinya dan banderol harganya, perangkat ini cocok untuk kamu yang ingin mulai beranjak mencoba flagship smartphone

Lalu Galaxy S20 FE dapat menjadi pilihan bagi kamu yang memang menginginkan kemampuan Galaxy S20 dengan beragam fitur untuk kebutuhan produktivitasnya, tapi dengan budget lebih terjangkau.

Alasannya, perangkat ini memiliki seluruh kemampuan flagship smartphone itu, termasuk sertifikasi IP68. 

Namun untuk urusan pilihan kami serahkan pada para pembaca, kamu lebih memilih Mi 10T Pro atau Galaxy S20 FE?

(Dam/Why)

Lanjutkan Membaca ↓