Otoritas Lokal Tolak Usulan Rumah Sakit Pakai Nama Mark Zuckerberg

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 17 Des 2020, 10:30 WIB
Diperbarui 17 Des 2020, 10:30 WIB
Mark Zuckerberg
Perbesar
CEO Facebook Mark Zuckerberg. Dok: marketwatch.com

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah rumah sakit lokal di San Francisco diusulkan untuk diubah namanya menjadi Rumah Sakit Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan. Rumah sakit yang diusulkan untuk berganti nama dengan nama bos Facebook adalah San Francisco General Hospital.

Rumah sakit tersebut diusulkan ganti nama menggunakan nama Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan setelah pasangan miliarder berdonasi sebesar USD 75 juta (setara Rp 1 triliun) di tahun 2015. Donasi itu ditujukan untuk mendanai sebuah pusat perawatan baru.

Kendati demikian, otoritas lokal setempat menanggapi kritis usulan perubahan nama rumah sakit dengan nama Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan selama beberapa tahun belakangan ini.

Penolakan terus dilakukan seiring dengan mencuatnya isu praktik penanganan data pribadi Facebook yang dikecam di sejumlah negara.

Bahkan mengutip laman Fox Business, Kamis (16/12/2020), Dewan Pengawas San Francisco memberikan suara 10-1 untuk usulan penggantian nama rumah sakit dengan nama Mark Zuckerberg. Artinya, dewan pengawas kota tidak menyetujui perubahan nama dengan nama bos Facebook dan sang istri.

2 dari 3 halaman

Hak Penamaan Seolah Dijual ke Penawar Tertinggi

[Bintang] Mark Zuckerberg
Perbesar
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/JUSTIN SILLIVAN)

Meski begitu, ketidaksetujuan Dewan Pengawas ini sifatnya tidak mengikat. Selain itu, pihak rumah sakit tidak akan diminta untuk pengembalikan perubahan nama.

"Ada kemarahan publik yang berkembang mengenai penamaan rumah sakit sebagai lembaga kesehatan masyarakat yang begitu penting ini, bahwa hak penamaannya seolah dijual kepada penawar tertinggi dan kontroversial seperti Mark Zuckerberg dan Facebook," kata salah satu anggota Dewan Pengawas San Francisco Gordon Mar.

3 dari 3 halaman

Kesepakatan Penggunaan Nama

Mark Zuckerberg
Perbesar
CEO Facebook Mark Zuckerberg (Foto: Wallpapers Web)

CEO San Francisco General Hospital Foundation Kim Meredith mengatakan, sumbangan Mark Zuckerberg telah membantu mendanai peningkatan peralatan yang dibutuhkan di fasilitas tersebut.

"Kami bangga bahwa rumah sakit ini sekarang menggunakan nama mereka dan kecewa dengan adanya pihak yang menentang hal itu, terutama selama pandemi Covid-19, di mana donasi mereka berarti sangat besar," kata Meredith dalam sebuah pernyataan.

Sekadar informasi, kesepakatan penggunaan nama Mark Zuckerberg sebagai nama untuk rumah sakit memiliki jangka waktu 50 tahun.

(Tin/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓