Sukses

Sambut Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Optimalisasi Jaringan di 550 Titik Strategis

Telkomsel melakukan serangkaian persiapan untuk memastikan pengamanan dan peningkatakan kualitas layanan dalam rangka menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU).

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel melakukan serangkaian persiapan untuk memastikan pengamanan dan peningkakan kualitas layanan dalam rangka menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU).

Persiapan ini khususnya dilakukan untuk layanan broadband atau internet, yang diprediksi mengalami peningkatan paling besar.

"NARU tahun ini, kami terus melakukan penguatan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, khususnya broadband. Kami pun melakukan serangkaian program," kata Direktur Network Telkomsel, Hendri Mulya Syam, pada Senin (14/12/2020).

"Kami memastikan bahwa penguatan dan pengamanan akses jaringan akan menjangkau seluruh titik prioritas agar seluruh pelanggan dapat terus menikmati layanan broadband terdepan, terluas, serta merata dengan nyaman dan lancar di setiap aktivitas digitalnya di momen akhir tahun dan pergantian tahun baru," tuturnya.

Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di 550 titik strategis Point of Interest (POI) yang berpusat di area residensial, rumah sakit penanganan Covid-19, pusat transportasi publik, serta titik-titik strategis jalur logistik di tiap provinsi.

Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk, dan layanan bagi pelanggan demi memastikan kenyamanan pengguna melalui penguatan kolaborasi bersama lebih dari 60.000 mitra strategis dengan melakukan optimalisasi berbagai saluran digital.

Dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data.

Hingga November tahun ini, Telkomsel juga telah mengoperasikan teknologi 4G LTE di seluruh BTS USO yang tersebar di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk perbatasan negara hingga pelosok negeri. Hal ini sekaligus melengkapi lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95 persen wilayah populasi di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Drive Test

Telkomsel juga melakukan drive test atau uji jaringan, dan diklaim mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di tiap wilayah.

Total jarak tempuh uji jaringan ini mencapai 14.008 km, yang mencakup 26 ruas tol (termasuk yang baru beroperasi) di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Telkomsel menggunakan enam parameter dalam menilai kualitas jaringan, yaitu Coverage, Call Setup Success Rate (CSSR), Call Completion Success Rate (CCSR), Call Setup Time (CST), Mean Opinion Score (MOS), dan Data Throughput.

Berdasarkan parameter tersebut, drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, dengan perolehan data Coverage 100 persen, CSSR 98,73 persen, CCSR 99,26 persen, CST 6,61 detik, MOS ≥ 3 90,99 persen, dan rata-rata Data Throughput mencapai 12,92 Mbps.

 

3 dari 3 halaman

Pengawasan Rutin

Untuk pengawasan dan pengamanan rutin terhadap performa jaringan, Telkomsel kembali menerapkan virtual operation dan virtual monitoring yang telah sukses dijalankan pada Ramadan dan Idul Fitri 1441H lalu.

Upaya ini dilakukan untuk mendukung imbauan pemerintah dalam menerapkan physical distancing saat proses bekerja, sekaligus meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan jaringan. Telkomsel turut melengkapi para petugas lapangan dengan alat pelindung diri (APD) untuk menjaga keselamatan dan kesehatan.

Virtual operation dan virtual monitoring untuk Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dijalankan dengan menggelar 59 Posko Virtual. Aktivitas ini dikawal langsung oleh 1.350 personel dari internal Telkomsel, dan didukung 35 tim mitra strategis beranggotakan 767 orang.

Persiapan 5G

Hendri menjelaskan, Telkomsel juga terus memperkuat peta jalan implementasi 5G di Indonesia dengan memperluas cakupan jaringan VoLTE. Jaringan ini sudah dapat dinikmati pelanggan di 48 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Tahun depan jumlahnya akan bertambah.

Pelanggan pun bisa bebas berselancar, membuka berbagai aplikasi, streaming video, hingga bermain gim saat masih dalam panggilan VoLTE.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.