Pengguna Smartphone Huawei Kini Bisa Akses Petal Maps

Oleh Agustinus Mario Damar pada 14 Des 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2020, 16:00 WIB
Huawei
Perbesar
Tampilan aplikasi Petal Maps dari Huawei. (Dok. Huawei)

Liputan6.com, Jakarta - Huawei telah memperkenalkan aplikasi Petal Maps pada Oktober 2020. Sesuai namanya, Petal Maps merupakan aplikasi peta dan navigasi besutan Huawei sendiri.

Menyusul pengumuman tersebut, Huawei kini sudah mulai menghadirkan Petal Maps untuk para pengguna perangkatnya. Dikutip dari Huawei Central, Senin (14/12/2020), aplikasi ini sudah tersedia dan dapat diunduh dari AppGallery.

Hanya perlu diketahui, aplikasi Petal Maps masih dalam versi beta. Meski tidak perlu mendaftar untuk menjajalnya, aplikasi ini memang baru tersedia untuk perangkat yang menjalankan EMUI 11, seperti P40, Mate 30, atau Mate 40.

Huawei mengatakan aplikasi ini sudah tersedia di lebih dari 140 negara dan wilayah, termasuk Indonesia. Kehadiran aplikasi ini disebut menjadi upaya Huawei memperluas ekosistem Petal, setelah sebelumnya menghadirkan Petal Search.

Terlebih, Huawei kini memang sudah tidak bisa menggunakan layanan Google Mobile Services. Karenanya, Petal Maps dapat disebut sebagai alternatif aplikasi Google Maps untuk perangkat Huawei.

Oleh sebab itu, aplikasi ini sudah dilengkapi beragam fitur, mulai dari sistem navigasi turn-by-turn 2D dan 3D, termasuk dengan opsi berjalan kali. Lalu, ada pula informasi soal transportasi publik yang hadir di sejumlah kota besar.

Petal Maps turut menyertakan informasi lokasi di sekitar penggunanya, mulai dari pelaku bisnis atau tempat yang menarik.

Untuk melakukan navigasi, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur air gestures. Huawei mengklaim data pencarian dan navigasi akan diamankan dengan sistem enkripsi end-to-end.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Kemampuan Petal Search

Huawei
Perbesar
Tampilan aplikasi Petal Search dari Huawei. (Dok. Huawei)

Tidak hanya itu, Huawei juga mengumumkan peningkatan kemampuan Petal Search.

Kini, pencarian di Petal Search dapat dilakukan dengan suara ataupun gambar. Jadi, pengguna dapat mengambil gambar lokasi atau benda, lalu mencari informasinya di aplikasi ini.

Peningkatan ini disebut menjadi jawaban Huawei untuk kebutuhan Google Lens yang kini tidak hadir di perangkatnya.

Terakhir, perusahaan juga meluncurkan aplikasi untuk kebutuhan produktivitas melalui Huawei Docs yang akan hadir di lebih dari 100 negara dan tersedia di App Gallery.

3 dari 3 halaman

Huawei Mate 40 Pro Siap Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia

Mate 40 Pro
Perbesar
Huawei Mate 40 Pro. (Doc: DxOMark)

Di sisi lain, Huawei baru saja memastikan akan kembali menambah lini produk smartphone besutannya untuk pasar Indonesia. Kali ini, seri yang akan diboyong ke Tanah Air adalah Huawei Mate 40 Pro.

"Kami sangat bangga dapat dipercaya untuk memperlihatkan teknologi terbaik dari Huawei Mate 40 Pro. Kami sudah tidak sabar untuk memperlihatkan seri terbaru dari Mate untuk Huawei fans di Indonesia," tutur Country Director Huawei CGB Indonesia, Fisher Jiang dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (7/12/2020).

Rencananya, Huawei Mate 40 Pro akan diluncurkan di Indonesia pada 15 Desember 2020. Menyambut kehadiran produk anyar ini, Huawei juga sudah menyiapkan promosi bagi para pelanggan yang ingin memiliki Mate 40 Pro.

(Dam/Why)

Lanjutkan Membaca ↓