Sukses

Tagihan Kartu Kredit Capai Rp 226,4 Juta Gara-Gara Bocah 6 Tahun Main Gim

Seorang bocah 6 tahun bermain gim dan membeli item di gim yang membuat tagihan kartu kredit ibunya membengkak hingga Rp 226,4 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Bocah lelaki berusia 6 tahun, George Johnson, membuat tagihan kartu kredit ibunya bengkak hingga USD 16.000 atau setara Rp 226,4 juta karena pembelian item di aplikasi gim.

Padahal, selama beberapa tahun terakhir, Apple memiliki upaya pencegahan untuk menghindari kejadian ini. Caranya dengan menempatkan larangan di perangkat iPhone atau iPad untuk mencegah pengeluaran uang berlebihan di pembelian item dalam aplikasi.

Sayangnya, ibunda George Johnson, Jessica, tidak menerapkan upaya pencegahan tersebut di perangkatnya. Hasilnya, tanpa diketahui George sudah membeli item dengan jumlah Rp 226,4 juta sepanjang musim panas 2020.

Mengutip laman Ubergizmo, Senin (14/12/2020), George rupanya membeli item booster pack pada aplikasi gim Sonic Forces seharga USD 1.99 (Rp 28 ribuan) per satu item. Jumlah ini meningkat hingga yang termahal, yakni USD 99.99 (Rp 1,4 jutaan).

Bahkan dalam satu hari, pernah ada 25 tagihan dari item booster pack yang totalnya lebih dari USD 2.500 (setara Rp 35,3 juta), masih dari aplikasi gim yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Hubungi Apple

Sadar tagihan kartu kreditnya membengkak, Jessica langsung berpikir transaksi tersebut adalah penipuan. Ia pun menghubungi bank penerbit kartu kredit, namun pihak bank memberi tahu bahwa tagihan ini benar dibuat oleh dirinya.

Pihak bank juga menyarankan Jessica untuk menghubungi Apple terkait masalah ini.

Kepada Jessica, pihak Apple memberitahunya bahwa tagihan besar itu terjadi karena adanya pembelian di dalam aplikasi gim. Baru saat itu dia sadar, anaknya George membelanjakan item gim dengan kartu kreditnya.

3 dari 3 halaman

Terlambat karena Sudah Berlangsung 2 Bulan Lamanya

Jessica juga diberi tahu bahwa saat ini sudah terlambat untuk memperbaiki masalah ini. Karena saat itu Jessica tidak menghubungi Apple dalam waktu 60 hari sejak pembelian dilakukan, tidak bisa yang dilakukan oleh pihak Apple maupun bank.

Jessica yang kesal dengan putranya menganggap semua ini merupakan kesalahan di pihak Apple.

"Anak saya tidak paham bahwa itu uang sungguhan. Bagaimana mungkin dia paham, dia memainkan gim kartun yang dia tahu itu tidaklah nyata, mengapa uang itu nyata baginya? Itu adalah lompatan kognitif yang besar," kata dia.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini