Sukses

Prediksi MASTEL Soal Tren Industri Telekomunikasi 2021

MASTEL baru saja merilis 'Indonesia ICT Industri Outlook 2021' yang berisi panduan strategis untuk memperkuat ekosistem ICT.

Liputan6.com, Jakarta - MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia) baru saja merilis 'Indonesia ICT Industri Outlook 2021'. Kajian ini merupakan panduan strategis untuk memperkuat ekosistem ICT sekaligus masukan dari komunitas dan dunia usaha pada regulator.

Dalam kajian ini, MASTEL menjabarkan 11 tren utama yang diprediksi menjadi tulang punggung ekosistem ICT pada 2021. Tren ini mencakup soal trafik data, infrastruktur fixed broadband, e-commerce, data center, cloud computing, hingga UU Cipta Kerja.

Ketua Umum MASTEL, Kristiono, menuturkan operator telekomunikasi perlu mewaspadai kompetisi tidak sehat yang terjadi saat ini. Meski diprediksi tumbuh 5,3 persen pada 2021, beban investasi berpotensi menghambat pertumbuhan industri.

Menurutnya, saat ini harga paket data di Indonesia hanya di kisaran USD 0,4 per gigabit dan menjadi yang terendah kedua di dunia. Padahal, peningkatan konsumsi rata-rata paket data mencaapi 87 persen per tahun.

Kondisi ini, Kristono menuturkan bisa menekan arus kas perusahaan dan berpotensi menggerus EBITDA margin yang turun 5 persen dibandingkan 10 tahun lalu. Return on Invested Capital juga turun secara signifikan.

"Tren seperti ini akan menghambat pembangunan infrastruktur yang sangat esensial untuk mengembangkan ekonomi digital," tutur Kristiono dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (13/12/2020).

Di sisi lain, harapan baru dari UU Cipta Kerja perlu ditunggu. Sebab, UU baru ini akan mengatur ketentuan infrastructure sharing baik pasif maupun aktif, termasuk menetapkan tarif bawah dan tarif atas.

Untuk mengetahui ringkasan kajian MASTEL pada mengenai tren teknologi informasi dan komunikasi pada 2021, simak daftarnya berikut ini. Adapun kajian ini dibuat dengan melibatkan para pemangku kepentingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

11 Tren ICT Industry 2021 dari MASTEL

Sebagai rangkuman dari kajian terbaru MASTEL untuk industri ICT pada 2021, berikut ini rincian lengkapnya:

1. Simalakama Trafik Data

Lonjakan konsumsi data berbanding terbalik dengan harga jualnya. Operator mesti mewaspadai beban investasi agar bisa terus beroperasi secara berkelanjutan, meski industri telekomunikasi diprediksi tumbuh 5,3 persen di 2021.

2. Menanti Ketentuan Infrastructure Sharing

Kajian ini menyebut adanya infrastructrue sharing diyakini bisa memberikan pengehematan OPEX dan CAPEX hingga 40 persen.

3. Pasar Potensial di Luar Jawa

Ada lebih dari 70 juta penduduk Indonesia belum terakses internet. Sebagian dari mereka juga berada di luar Pulau Jawa dan masih menggunakan jaringan 2G, sehingga ini merupakan pasar potensial yang dapat digarap.

4. Belanja Online untuk Pemenuhan Kebutuhan Sehari-Hari

Peningkatan aktivitas online selama pandemi diprediksi terus berlanjut. Terlebih, aktivitas belanja online saat ini bergeser untuk memenuhi kebutuhan primer, tidak lagi kebutuhan sekunder.

5. UMKM Go Online

Membuka lapak di e-commerce menjadi salah satu kunci UMKM mengatasi pandemi. Karenanya, pada 2021 diprediksi akan semakin banyak yang memanfaatkan kanal ini.

6. IoT Kian Digemari

Perangkat Internet of Things (IoT) akan banyak dimanfaatkan sealma pandemi. Tren cerah bagi teknologi perangkat berbasis internet diperkirakan hingga 2022 CAGR sebesar 159 persen.

3 dari 3 halaman

Mulai Infrastruktur Hingga Cipta Kerja

7. Infrastruktur Menjadi Tantangan

Sepanjang 2020, banyak investasi yang terhenti akibat pandemi. Untuk itu, tahun depan menjadi momen krusial mengejar kembali target penggelaran fixed broadband di Indonesia, dengan target 15 hingga 17 persen dari total rumah tangga.

8. Industri Perangkat Perlu Kebijakan Afimartif

Selama bertahun-tahun industri perangkat dalam negari tertekan pabrikan asing. Untuk itu, kebijakan TKDN perlu dievaluasi dan strategi pelaksanannya disesuaikan, sehingga potensi 30 juta perangkat baru di 2020 bisa dinikmati industri dalam negeri.

9. Industri Data Center Cerah, Cloud Lokal Mendung

Aktivitas digital membuat kebutuhan data center membludak dan diprediksi akan naik 120 persen di 2021. Namun industri komputasi awan (cloud computing) lokal malah mendapat persaingan ketat dari pemain asing.

10. Adopsi 5G Tidak Perlu Buru-Buru

Adopsi 5G memang sudah dimulai sejumlah negara, tapi operator lokal tidak perlu gegabah bermain di sektor ini. Sebab, sumber daya yang dibutuhkan sangat besar.

11. Dukungan Pemerintah Lewat UU Cipta Kerja

UU Cipta Kerja menjadi sinyal penting dari pemerintah mendorong dan melindungi industri telekomunikasi. Mulai dari infrastructure sharing sampai penetapan tarif atas dan bawah untuk paket data bisa membawa perubahan besar di sektor industri.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.