Sukses

4 Startup Pemenang Pitch Competition Microsoft Emerge X di Asia Pasifik

Empat perusahaan startup asal Vietnam, Filipina, Sri Lanka, dan Singapura menjadi pemenang di pitch competition perdana tingkat Asia Pasifik Microsoft Emerge X.

Liputan6.com, Jakarta - Empat startup asal Vietnam, Filipina, Sri Lanka, dan Singapura menjadi pemenang di pitch competition perdana tingkat Asia Pasifik Microsoft Emerge X. Keempat startup itu adalah Abivin, Lifetrack Medical Systems, Agrithmics, dan Milky Way AI.

"Melalui program 'Highway to a 100 Unicorns' dan 'Emerge' X, kami berkomitmen untuk membantu para startup menuju inovasi. Mereka dapat memenuhi kebutuhan industri yang belum diartikulasikan dan membantu bisnis menjadi tangguh," ujar Presiden Microsoft Asia Pasifik, Andrea Della Mattea, seperti dikutip dari keterangan resmi Microsoft pada Jumat (11/12/2020).

Berikut empat startup tersebut:

1. Abivin dari Vietnam

Platform bertenaga Artificial Intelligence (AI/kecerdasan buatan), yang mengoptimalkan rantai pasokan di berbagai sektor dengan rute kendaraan efisien.

2. Lifetrack Medical Systems dari Filipina dan Singapura

Platform berbasis cloud yang menyediakan akses terjangkau ke pencitraan medis (medical imaging) di pasar negara berkembang.

3. Agrithmics dari Sri Lanka

Solusi berbasis cloud yang memperkaya industri agraris dengan mendigitalisasi rantai pasokan, serta menghubungkan petani dan pembeli.

4. Milky Way AI dari Singapura

Solusi ritel pintar bertenaga AI yang memanfaatkan teknologi pengenalan gambar untuk membantu peritel mengelola inventaris barang dan memaksimalkan penjualan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dorong Ekosistem Startup

Program Emerge X adalah bagian dari inisiatif Microsoft's Highway to a 100 Unicorns, yang diluncurkan di Asia Pasifik pada Oktober 2020 setelah diklaim meraih kesuksesan luar biasa di India.

Microsoft terlibat dengan lebih dari 70 pemain ekosistem startup terkemuka dan pemerintah di 16 negara, yang kemudian menominasikan lebih dari 300 tim paling menjanjikan untuk program tersebut.

Negara-negara yang terlibat dalam program tersebut adalah Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Nepal, Selandia Baru, Filipina, Sri Lanka, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

 

3 dari 3 halaman

Startup Terpilih

Di antara para peserta, 21 startup Emerge X mempresentasikan ide-ide mereka di Kompetisi Pitching Regional Emerge X, yang diadakan di Philippines Startup Week 2020. Mereka adalah Abivin, Lifetrack Medical Systems, Agrithmics, dan Milky Way AI, yang diidentifikasi sebagai startup teratas di seluruh wilayah.

Lebih lanjut, sebanyak 79 startup dipilih untuk mengikuti program Microsoft Emerge X, termasuk tujuh dari Indonesia yaitu Crowde, GREDU, Kiddo.id, Konvergen AI, Neurosensum, Ritase dan Tjetak.

Sebagai startup Emerge X, mereka akan berpartisipasi dalam program bimbingan selama setahun dengan Microsoft for Startups yang dirancang untuk membantu meningkatkan kapasitas dan mempercepat pertumbuhan.

Mereka juga akan menerima kredit GitHub dan Azure, memiliki kesempatan menghadiri Founder Bootcamp selama 3 hari, mendapatkan akses ke klien perusahaan secara global melalui program penjualan bersama yang unik dari Microsoft, serta berinteraksi dengan pakar Microsoft dan para pelaku industri.

"Kami bangga melihat startup anak bangsa mampu bersaing di panggung dunia dengan startup dari negara-negara lain di Asia Pasifik. Ini menunjukkan besarnya potensi startup yang dimiliki oleh Indonesia," kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini