Sukses

Sama-Sama Sandang Predikat Flagship, Pilih Xiaomi Mi 10 atau Mi 10T?

Bingung menentukan pilihan antara Xiaomi Mi 10 atau Mi 10T, simak pembahasannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja memperkenalkan lini Mi 10T sebagai produk smartphone terbarunya ke pasar Indonesia. Smartphone ini melengkapi lini flagship Xiaomi yang sudah ada lebih dulu di Tanah Air.

Sebelum Mi 10T dan Mi 10T Pro, Xiaomi juga sebenarnya telah memperkenalkan Mi 10 terlebih dulu. Kedua seri ini juga sama-sama hadir dengan spesifikasi premium, salah satunya adalah menggunakan chipset Snapdragon 865.

Lantas, apa yang membedakan kedua seri ini? Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, baik Mi 10 dan Mi 10T sebenarnya menyasar pasar yang berbeda.

Alvin mengatakan, Mi 10 hadir sebagai perangkat flagship yang lebih komplit. Hal itu dapat dilihat tidak hanya dari spesifikasi, tapi juga desain yang diusungnya.

"Mi 10 masih lebih mutakhir dan juga super premium. Perangkat ini memiliki layar AMOLED dan juga empat kamera, ditambah desain lebih elegan. Jadi, perangkat ini merupakan all rounder premium flagship," tuturnya saat konferensi pers virtual. 

Sementara untuk lini Mi 10T, Xiaomi fokus pada sejumlah aspek yang berhubungan dengan hiburan. Karenanya, perangkat ini dilabeli sebagai entertainment flagship.

"Di Mi 10T, kami fokus pada hal yang berkaitan dengan entertainment, mulai dari kebutuhan mengambil foto atau bermain gim. Makanya, kami menyebut perangkat ini sebagai entertainment flagship," ujarnya menjelaskan.

Predikat itu memang diberikan bukannya tanpa alasan, sebab lini Mi 10T memiliki layar dengan refresh rate 144Hz. Dan khusus di Mi 10T Pro, kemampuan lensa utamanya mencapai 108MP.

Selain itu, smartphone ini sudah didukung speaker stereo dan sertifikasi Hi-Res Audio. Xiaomi juga membenamkan X-axis linear vibration motor untuk menawarkan pengalaman multimedia yang lebih imersif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmi Meluncur, Ini Harga Xiaomi Mi 10T Pro dan Mi 10T

Untuk diketahui, Xiaomi Mi 10T Pro dan Mi 10T akhirnya resmi meluncur meramaikan pasar Indonesia. Baik Mi 10T Pro dan Mi 10T hadir sebagai perangkat yang diperkenalkan Xiaomi untuk menutup tahun ini.

Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, Mi 10T Pro dan Mi 10T hadir sebagai perangkat dengan predikat entertainment flagship. Maksudnya, perangkat ini hadir untuk memenuhi kebutuhan hiburan penggunanya dengan optimal.

"Mi 10T menjadi salah satu seri yang ditunggu-tunggu. Smartphone ini hadir dengan tiga poin andalan, yakni chipset, kamera, dan refresh rate layar," tuturnya saat konferensi pers virtual, Selasa (8/12/2020).

Untuk diketahui, Mi 10T Pro dan Mi 10T memang menggunakan chipset high-end besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 865. Sementara untuk kamera, Mi 10T Pro memang hadir dengan lensa utama beresolusi 108MP, lebih besar dari Mi 10T yang beresolusi 64MP.

"Lalu, smartphone ini memiliki refresh rate 144Hz yang menawarkan pengalaman entertainment sangat mulus," tutur Alvin menjelaskan. Kemampuan ini turut ditunjang teknologi AdaptiveSync yang memungkinkan perangkat mengatur refresh rate secara otomatis tergantung aktivitas pengguna.

Layar Mi 10T Pro dan Mi 10T memiliki teknologi TrueColor untuk menghasilkan warna yang lebih akurat. Serupa dengan seri Xiaomi sebelumnya, perangkat ini sudah menerima sertifikasi TÃœV Rheinland Low Blue Light.

Kemampuan smartphone ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh dan sudah didukung fitur fast charging 33W. Ada pula teknologi Middle Tab yang dibenamkan Xioami untuk membuat waktu pengisian daya lebih singkat.

Lantas berapa harga Mi 10T Pro dan Mi 10T di Indonesia? Untuk Mi 10T Pro, Xiaomi membanderolnya dengan harga Rp 6.999.000, sedangkan Mi 10T dijual Rp 5.999.000. 

Pre-order kedua smartphone itu dilakukan pada 10 hingga 14 Desember 2020 di JD.ID, Mi.com, dan Mi Authorized Store. Sementara penjualan perdana diadakan mulai 15 Desember 2020 pukul 12.00 WIB di kanal yang sama. 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Mi 10T dan Mi 10T Pro

Adapun spesifikasi lengkap Mi 10T Pro adalah smartphone ini memiliki layar berukuran 6,67 inci. Smartphone ini memiliki desain DotDisplay atau punch hole, dengan lubang yang difungsikan sebagai kamera depan beresolusi 20MP.

Dipersenjatai Snapdragon 865, perangkat ini memiliki RAM 8GB dan memori internal 256GB. Selain lensa utama 108MP, ada lensa ultrawide 13MP dan lensa makro 5MP.

Sementara untuk Mi 10T, spesifikasi yang diusung masih sama seperti Mi 10T Pro. Perbedaan utama terletak pada kamera utama yang hanya beresolusi 64MP, tapi dua kamera lain memiliki resolusi yang sama dengan Mi 10T Pro.

Perbedaan lain adalah perangkat ini hanya hadir dengan opsi memori 128GB. Meski lebih kecil, perangkat ini tetap menggunakan RAM 8GB. 

Namun selain dua perbedaan itu, baik Mi 10T Pro dan Mi 10T sudah mendukung 5G, memiliki slot kartu SIM ganda, Wi-Fi 6, NFC, dan IR blaster. Keduanya juga sudah menjalankan MIUI 12 berbasis Android 10.

Hanya perlu diketahui, Xiaomi tidak menyertakan slot micro-SD di kedua perangkat ini. Karenanya, pengguna tidak memiliki opsi untuk menambahkan memori eksternal.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini