Sukses

10 Tren Tinder Tahun 2020: Berbagi Kebingungan hingga Ketemuan Wajib Pakai Masker

Tinder merilis 10 tren pada tahun 2020 ini mulai dari berbagi kebingungan hingga ketemuan fisik harus pakai masker karena pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Tinder membagikan 10 tren di platform tersebut sepanjang tahun 2020. Meski dalam masa pandemi Covid-19, para pengguna Tinder dari kalangan generasi Z disebut-sebut cepat beradaptasi dan makin kreatif bersosialisasi menggunakan Tinder.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, pendapatan Match Group (induk perusahaan Tinder), tingkat penggunaan fitur pesan dan jumlah Swipe di Tinder pada kuartal ketiga tahun ini justru mengalami kenaikan hingga dua digit dibandingkan akhir bulan Februari di tahun yang sama.

Para pengguna disebut-sebut menggunakan Tinder untuk mengobrol, hangout, dan berbagi akun TikTok, hingga bersosialisasi di gim Animal Crossing. Kendati begitu, pengguna Tinder tetap menjaga jarak sosial dan fisik.

Penggunaan bio di Tinder pun disebutkan tidak pernah sekreatif tahun ini, karena para pengguna pada tahun ini lebih ekspresif dan blak-blakan. Berikut ini adalah 10 tren paling penting yang terjadi di Tinder pada tahun 2020.

1. 2020 Tahun Sangat Mengejutkan

Menurut pengguna Tinder, tahun 2020 adalah tahun yang mengejutkan Hal ini dilihat dari penggunaan emoji terkejut hampir 3x lebih sering pada tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Harus diakui, semua orang memang syok akibat perubahan yang terjadi di seluruh dunia di tahun 2020 ini. Misalnya, perubahan pada sistem kuliah atau orang terpaksa harus menjadi anak rumahan agar sembari menghindari penyebaran Covid-19. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tinder adalah tempat untuk berbagi ‘kebingungan’

Salah satu emoji yang paling banyak digunakan oleh pengguna Tinder di Indonesia adalah emoji kebingungan atau sikap pasif-agresif terhadap segala hal.

Tak hanya itu, di Tinder, emoji kebingungan juga dipakai untuk membuka percakapan. Emoji ini juga banyak digunakan untuk saling memberikan semangat.

3. Pengguna Tinder tetap lakukan kumpul virtual

Minat pengguna Tinder muda alias generasi Z untuk bersosialisasi tetap kuat. Pasalnya pada tahun 2020 ini "Zoom" disebut 9x lebih banyak digunakan daripada tahun 2019, umumnya untuk virtual hangout.

3 dari 5 halaman

4. Masker jadi benda yang wajib dipakai saat ketemuan.

Saat PSBB, generasi Z menambahkan himbauan di bio Tinder mereka dengan menuliskan “Masker”. Penyebutkan kata masker meningkat 14 kali dibandingkan tahun 2019.

Para pengguna juga banyak yang menuliskan dalam huruf besar imbauan seperti cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak sosial.

5. Jarak sosial tak berarti terpisah

Dengan memberlakukan jarak sosial, generasi Z makin aktif bersosialisasi dengan orang dari penjuru dunia.

Ketika PSBB sedang gencar-gencarnya pada 12 April lalu, pengguna Tinder di Indonesia kelihatan lebih aktif dan cerewet di Tinder.

Para pengguna berbagi status “Work from Home” di bio mereka dan kata-kata ini disebutkan 14x lebih banyak pada tahun 2020 daripada 2019.

Selain itu, pengguna Tinder Indonesia juga senang bisa terhubung dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia seperti dari Seoul, Tokyo, dan Singapura melalui fitur Passport selama periode tersebut.

4 dari 5 halaman

6. Saling berbagi akun TikTok

Para pengguna Tinder saling membagikan akun TikTok mereka di bio Tinder. Berdasarkan keterangan Tinder, TikTok disebut di bio Tinder sebanyak 21x lebih banyak di 2020 dibandingkan tahun lalu.

7. Kumpul virtual di gim Among Us dan Animal Crossing

Pandemi menahan para pengguna Tinder untuk ketemuan fisik, namun mereka lebih kreatif untuk kumpul virtual. Selain menggunakan Zoom, para pengguna muda Tinder juga menggunakan gim Animal Crossing dan Among Us untuk saling berkumpul secara virtual.

Hal ini diketahui dari data Tinder, di mana, sejak Maret hingga Mei 2020, ada peningkatan sebanyak 5x penyebutan Animal Crossing di bio dan pengguna Gen Z menyebutkannya 2x lebih banyak daripada pengguna Milenial.

Para pengguna juga aktif menggunakan Tinder untuk mencari teman bermain Among Us.

5 dari 5 halaman

8. Tinder Dekatkan K-popers dan pecinta Drakor

Pengguna Tinder aktif menggunakan bio mereka untuk menunjukkan siapa bintang K-pop idola atau K-drama favorit mereka, terlihat dari penyebutan kata “Drama Korea” 5x lebih tinggi dan “K-popers” 2x lebih tinggi di tahun ini dibandingkan tahun lalu.

9. Bersepeda jadi kebiasaan baru

Aktivitas luar ruangan menjadi favorit bagi pengguna Tinder, terutama adalah hobi bersepeda yang kini jadi olahraga terfavorit di 2020.

Tinder menemukan bahwa mereka menyebutkan kata “bersepeda” 2x lebih tinggi dibandingkan tahun lalu dan terang-terangan di bio kalau mereka ingin mengajak match mereka gowes bareng.

10. Lagu Sunday Best

Pengguna Tinder ternyata memfavoritkan lagu Sunday Best dari grup musik Surfaces. Bahkan lagu ini menjadi aspirasi pengguna untuk tidak stres selama harus di rumah saja. 

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini