Kaleidoskop DANA 2020: Ragam Solusi dan Teknologi untuk Bantu Masyarakat di Masa Pandemi

Oleh Gilar Ramdhani pada 08 Des 2020, 16:40 WIB
Diperbarui 08 Des 2020, 16:40 WIB
Kaleidoskop DANA 2020: Ragam Solusi dan Teknologi untuk Bantu Masyarakat di Masa Pandemi
Perbesar
Ilustrasi aplikasi DANA.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang berlangsung sepanjang tahun ini telah berdampak terhadap semua aspek kehidupan dan menuntut masyarakat untuk mengubah pola aktivitas interaktifnya, dari semula interaksi tatap muka (fisik) menjadi non-fisik (virtual), melalui jaringan online dan aplikasi berbasis internet.

Sebagai dompet digital Indonesia, DANA sejak awal dibangun telah dirancang sebagai platform teknologi yang terbuka dan adaptif terhadap berbagai situasi. DANA akan siap menjadi solusi bagi masyarakat untuk menghadapi setiap perubahan dan sahabat yang membantu untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kompetensi.

DANA bukan sekadar platform yang memudahkan pembayaran nontunai secara aman. Lebih dari itu, DANA dengan teknologi yang terus dikembangkan ingin memperluas inklusi finansial digital bagi masyarakat Indonesia dengan teknologi yang ramah, inklusif dan adaptif, sehingga menjadi solusi yang memudahkan masyarakat beradaptasi dengan berbagai situasi.

DANA terus berupaya mengembangkan teknologi yang terpercaya (trusted), ramah dan mudah digunakan (friendly), serta bisa diakses oleh siapapun (accessible) serta bersinergi dengan mata rantai ekosistem perekonomian digital mulai dari perbankan, dunia usaha (dari UMKM hingga perusahaan besar), dan lembaga-lembaga pemberdayaan perekonomian masyarakat lainnya, guna meningkatkan kontribusi DANA terhadap perekonomian Indonesia.

Sepanjang 2020, DANA meluncurkan sejumlah fitur maupun beragam inisiatif untuk bisa membantu dan menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi maupun menghadapi tantangan ke depan serta ikut mendorong perekonomian nasional.

Mendukung program pemerintah dan penanggulangan pandemi Covid-19

1. Siap Siaga COVID-19

Mini program dalam aplikasi dompet digital DANA yang memungkinkan pengguna DANA bisa memperoleh beragam informasi edukatif terkait COVID-19, melakukan diagnosa kesehatan secara mandiri, hingga melakukan donasi digital guna membantu penyediaan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan serta pembiayaan pengobatan masyarakat yang terdampak COVID-19.

2. Fitur Pendataan Warung

Fitur ini ada dalam mini program Siap Siaga COVID-19 dan merupakan dukungan terhadap kampanye #BelanjadiWarungTetangga yang diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM. Pengguna DANA dapat mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya yang mengalami kesulitan, misalnya penurunan omzet, akibat pandemi. Warung-warung yang terdaftar kemudian akan diverifikasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM untuk selanjutnya mendapatkan bantuan.

3. Aksi kemanusiaan #TempatSinggahPejuangMedis.

DANA bersama Kitabisa.com dan BenihBaik.com membantu penggalangan donasi untuk program penyediaan tempat singgah bagi tenaga kesehatan yang bertugas memerangi COVID-19 yang diinisiasi oleh Habitat for Humanity.

4. Miniservice Warung Pangan.

DANA bersinergi dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics untuk menghadirkan layanan yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan dengan harga yang normal dan terjangkau sekaligus membantu UMKM.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. DANA Delivery

DANA berkolaborasi dengan agregator logistik Shipper, untuk menghadirkan fitur yang akan memudahkan masyarakat maupun UMKM melakukan pengiriman barang.

6. Mitra Kartu Prakerja

DANA dipercaya menjadi salah satu platform digital untuk menyalurkan dana insentif Program Kartu Prakerja.

7. DANA Bisnis

DANA secara aktif mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat digitalisasi UMKM. Sepanjang 2020, DANA telah melakukan sejumlah roadshow ke Banyuwangi, Lombok dan Minahasa Utara untuk membantu UMKM terhubung dengan ekosistem digital dengan memanfaatkan fitur DANA Bisnis. Hingga saat ini, sudah 200.000 UMKM yang menjadi pengguna DANA Bisnis.

Percepatan digitalisasi UMKM ini sekaligus memperluas penggunaan QRIS di antara pelaku UMKM. Berkat salah satu upaya tersebut, DANA sukses meraih penghargaan dalam ajang Bank Indonesia Award 2020 sebagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan implementasi QRIS terbaik. DANA masuk dalam kategori PJSP dengan program QRIS untuk merchant terbaik non-bank. Penganugerahan ini diberikan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020.

8. Program 11.11 #SemingguJadiSultan

DANA ikut mendukung program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dengan menggelar program #SemingguJadiSultan untuk mendorong perekonomian nasional yang terdampak COVID-19.

9. Dukungan terhadap UMKM dan produk dalam negeri

DANA bekerja sama dengan Lazada mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi pemerintah untuk membantu UMKM dengan menggelar promo menarik bagi pengguna yang membeli produk-produk UMKM. Selain itu, DANA juga bersinergi dengan Visa dan Bukalapak melakukan kampanye mendukung UMKM dengan memberikan penawaran baik bagi UMKM maupun pengguna yang membeli produk-produk UMKM.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memudahkan aktivitas dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari

1. DANA e-Samsat

Dengan fitur e-Samsat yang tersemat di aplikasi DANA, pengguna bisa mengurus STNK dan membayar pajak kendaraan bermotor tanpa harus antre.

2. DANA Parking

DANA menggandeng penyedia layanan parkir Parkee untuk menghadirkan fitur pembayaran parkir non tunai dan contactless yang mudah, aman dan nyaman.

3. DANA Home Shopping

Dengan fitur Home Shopping ini, masyarakat bisa memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant dengan melakukan pemesanan instan WhatsApp dan melakukan pembayaran menggunakan DANA QRIS. Fitur ini sangat membantu merchant-merchant offline yang kesulitan akibat pandemi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memberikan pengalaman transaksi digital yang lebih baik bagi pengguna

1. User Rating Review

Dengan adanya fitur ini, pengguna DANA bisa memberikan penilaian, ulasan maupun mengunggah foto-foto dari pengalamannya berbelanja di merchant-merchant mitra DANA sekaligus mempromosikan UMKM.

2. Face Login

DANA terus memperkuat sistem keamanannya, diantaranya dengan meningkatkan fitur Face Login yang kini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna DANA tanpa terkecuali, termasuk para pengguna yang belum memiliki akun DANA Premium.

3. DANA Biller

Selain dikenal untuk pembayaran tagihan rutin seperti listrik, pulsa, dan lainnya. Kini, DANA Biller juga hadir untuk melakukan pembayaran transaksi e-commerce. Adapun fitur DANA Biller baru dapat dinikmati oleh pengguna setia DANA secara bertahap guna memaksimalkan kinerja fitur ini agar makin prima dan optimal.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kolaborasi dengan mitra global

1. DANA-Apple

DANA menjadi mitra pembayaran untuk layanan Apple di Indonesia. Pengguna bisa memakai DANA sebagai metode pembayaran digital di App Store, Apple Music, Apple TV app, iTunes Store purchases, dan iCloud storage.

2. DANA-Spotify

Para pengguna Spotify kini dapat melakukan pembayaran biaya berlangganan fitur premium dengan DANA. DANA dapat digunakan untuk semua paket berlangganan Spotify Premium, termasuk Spotify Premium Family dan Spotify Premium Duo.

3. DANA-TikTok

DANA menjadi dompet digital pertama yang menjadi mitra untuk program referral TikTok di Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan pengguna TikTok menarik hadiah referral langsung ke saldo DANA mereka.

Inklusi keuangan digital: Investasi dan Perlindungan

DANA eMAS

DANA bekerja sama dengan platform investasi Pluang menghadirkan fitur DANA eMAS sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin menabung atau berinvestasi emas secara mudah, aman dan terjangkau.DANA Siaga. DANA berkolaborasi dengan PasarPolis untuk menghadirkan fitur perlindungan agar masyarakat bisa membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan dengan mudah dan terjangkau.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fitur DANA Paling Favorit

DANA sebagai salah satu dompet digital di Indonesia, menyediakan infrastruktur pembayaran yang memungkinkan masyarakat Indonesia melakukan pembayaran dan transaksi secara nontunai dan nonkartu.

“Sepanjang 2020, DANA meluncurkan sejumlah fitur maupun beragam inisiatif untuk bisa membantu dan menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi maupun menghadapi tantangan ke depan serta ikut mendorong perekonomian nasional,” jelas Vice President Corporate Communications DANA, Steve Saerang, Jumat (4/12/2020).

Steve mencatat, ada lima fitur DANA yang paling diminati masyarakat. Antara lain;

1. QRIS Payment

2. Online Merchants

3. Send Money

4. Biller (Listrik, Air, BPJS, dll)

5. DANA Bisnis

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya