6 Mitos tentang Alexa Traffic Rank

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 04 Des 2020, 07:57 WIB
Diperbarui 04 Des 2020, 10:53 WIB
Ilustrasi Situs Web, Internet, Website. Kredit: FirmBee via Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Situs Web, Internet, Website. Kredit: FirmBee via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Alexa Traffic Rank merupakan salah satu layanan yang mengukur popularitas situs web. Sistem peringkat ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998.

Peringkat situs web di Alexa Traffic Rank didasarkan pada perkiraan trafik dan keterlibatan (engagement) pengunjung situs web dalam tiga bulan terakhir. 

Seiring waktu berjalan, ada beberapa mitos mengenai sistem peringkat ini yang berkembang di kalangan pengguna internet. Mengutip blog resmi Alexa, ini 6 mitos tentang Alexa Traffic Rank yang banyak dibahas.

1. Alexa hanya mengukur trafik dari pengguna Internet yang memasang toolbar Alexa

Mitos ini jelas tidak benar. Panel pengukuran Alexa didasarkan pada sejumlah plugin dan ekstensi browser yang sangat banyak dan beragam.

Alexa Toolbar hanya salah satu dari banyak ekstensi browser yang menyertakan data Alexa. Namun, untuk situs yang telah memasang kode Alexa Certify, Alexa langsung mengukur lalu lintas dari semua pengunjung ke situs web tersebut, terlepas dari apakah pengunjung memasang ekstensi Alexa atau tidak.

2. Alexa hanya mengukur pemasar Internet [Internet marketers] dan pemilik situs web

Mitos kedua ini masih terkait dengan mitos pertama, yang tentunya sama-sama keliru. Panel trafik Alexa didasarkan pada jutaan orang yang menggunakan lebih dari 25.000 ekstensi browser berbeda.

2 dari 3 halaman

3. Mengklaim situs web berpengaruh terhadap peringkat

Ilustrasi situs web, website, internet
Perbesar
Ilustrasi situs web, website, internet. Kredit: 200 Degrees via Pixabay

Mengklaim situs web sama sekali tidak berpengaruh terhadap peringkat dan langkah itu tidak diperlukan supaya situs web dapat diukur oleh Alexa.

Namun, mengklaim situs web dan selalu memperbarui deskripsi dan informasi kontak situs web secara teratur memungkinkan si pemilik mendapatkan peluang potensial dari jutaan orang yang mengunjungi Alexa setiap bulan.

4. Memasang widget Alexa akan meningkatkan peringkat

Sama seperti Toolbar, memasang widget Alexa tidak akan meningkatkan peringkat situs web. Ia hanya memungkinkan para pemilik untuk mempromosikan peringkat situs web mereka kepada pengunjung. Widget ini sama sekali tidak digunakan untuk mengukur trafik situs.

3 dari 3 halaman

5. Jika trafik naik pada hari tertentu, peringkat otomatis meningkat

Kenaikan trafik pada hari tertentu belum tentu berdampak langsung terhadap peringkat. Perlu diketahui, data Alexa Traffic Rank memang diperbarui setiap hari, tetapi ia didasarkan pada pengunjung ke situs web selama tiga bulan terakhir.

Karena itu, nilai trafik suatu situs web dalam satu hari hanya berkontribusi sekitar 1/90 dari semua trafik yang diukur untuk menentukan peringkat.

6. Jika saya membayar Alexa, saya bisa mendapatkan peringkat lebih baik.

Mitos ini tidak benar. Namun, Alexa memang menawarkan beberapa layanan, salah satunya Marketing Stack, yang dapat membantu menemukan peluang untuk meraih lebih banyak trafik, yang pada akhirnya dapat menghasilkan peringkat lebih baik.

Selain itu, jika pemilik memasang Kode Sertifikasi Alexa di situs web mereka, Alexa dapat langsung mengukur lalu lintas situs Anda alih-alih memperkirakannya saja. Pengukuran langsung akan menghasilkan peringkat lebih akurat, tetapi lebih akurat juga tidak berarti peringkat yang lebih baik.

Lanjutkan Membaca ↓