Spotify Wrapped 2020, Ini Daftar Artis dan Lagu Paling Favorit di Indonesia

Oleh Iskandar pada 02 Des 2020, 11:37 WIB
Diperbarui 02 Des 2020, 11:37 WIB
Aplikasi Spotify
Perbesar
Aplikasi Spotify. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Spotify Wrapped 2020, Spotify mengumumkan data seputar artis, album, dan lagu teratas yang menentukan bagaimana 320 juta orang di seluruh dunia mendengarkan serta menemukan konten audio.

Meski sepanjang 2020 kita terpisah begitu lama secara fisik, tahun ini menjadi tahun luar biasa untuk penemuan dan apresiasi terhadap musik lokal di Indonesia.

Menurut laporan Spotify Wrapped 2020 yang kami terima, Rabu (2/12/2020), hal ini terlihat dari para artis lokal yang berada di urutan teratas daftar paling banyak didengarkan (most-streamed) di Spotify.

Dengan musiknya yang khas bernuansakan pop slow-beat dan alunan yang menenangkan, Pamungkas menjadi artis lokal yang paling banyak didengarkan di Indonesia tahun ini.

Albumnya, "Walk The Talk", yang dirilis pada 2018 menjadi album yang paling banyak didengarkan di Indonesia. Selain itu, lagunya yang berjudul 'One Only' juga masuk ke dalam jajaran lima besar lagu yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia.

Menyusul Pamungkas, ada Fiersa Besari lalu Hindia di urutan ketiga dalam jajaran artis lokal yang paling banyak didengarkan tahun ini. Selanjutnya di posisi keempat dan kelima, ada Tulus dan legenda musik Indonesia Glenn Fredly.

2 dari 4 halaman

Lagu yang Paling Banyak Didengar

Lewis Capaldi
Perbesar
Lewis Capaldi (skynews)

Sementara lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia adalah hit dari Mahen berjudul “Pura-Pura Lupa”. Disusul “Someone You Loved” oleh Lewis Capaldi.

Sedangkan lagu ketiga yang paling banyak didengarkan adalah “Secukupnya” dari Hindia yang pernah menduduki peringkat teratas Indonesia Top 50 di Spotify selama empat pekan berturut-turut di awal tahun ini.

Menempati posisi keempat dan kelima adalah “One Only” dari Pamungkas dan “Sunday Best” oleh Surfaces.

 

3 dari 4 halaman

Lagu Lokal yang Paling Banyak Diputar

[Fimela] Mawar De Jongh
Perbesar
Mawar de Jongh di acara Joox Karaoke Superstar. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Menutup daftar lima teratas lagu lokal yang paling banyak diputar adalah “Lebih Dari Egoku” dari Mawar De Jongh serta “Waktu Yang Salah” oleh Fiersa Besari dan Thantri.

Mahen dan Mawar De Jongh merupakan artis yang tergabung dalam Spotify RADAR, sebuah program berskala global untuk artis pendatang baru yang diluncurkan Spotify awal tahun ini.

(Isk/Ysl)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓