Sukses

Instagram Rilis Fitur Live Rooms, Pengguna Bisa Siaran IG Live hingga 4 Orang

Instagram merilis fitur Live Rooms, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran IG Live hingga 4 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram merilis fitur baru bernama Live Rooms. Dengan fitur ini, pengguna dan kreator bisa terhubung secara virtual dan membangun audiens mereka.

Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa melakukan IG Live bersama tiga orang lainnya. Sehingga IG Live bisa dilakukan maksimal hingga 4 orang.

Fitur ini sebelumnya sudah diuji coba ke sebagian kecil pengguna di Tanah Air. Kini, Indonesia jadi salah satu negara yang kebagian fitur Live Rooms.

Mengutip keterangan Instagram yang diterima Liputan6.com, Selasa (1/12/2020), kehadiran fitur Live Rooms ini terinspirasi dari pandemi Covid-19 di seluruh dunia, di mana para pengguna, kreator, dan pelaku bisnis banyak memanfaatkan fitur Live dengan kreatif.

"Live Rooms akan memungkinkan mereka melakukan Instagram Live bersama beberapa orang sekaligus, sehingga mereka bisa berkreasi lebih kreatif dalam membuat dan menghadirkan konten seru yang positif dan inspiratif melalui format lebih beragam seperti talkshow, podcast, sesi tanya jawab, ataupun berbincang ringan," kata Instagram dalam keterangannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terinspirasi dari Banyaknya Pengguna yang Lakukan IG Live

Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian mengatakan, para pengguna kian kreatif dalam menggunakan Instagram di kehidupan mereka.

"Kami berupaya untuk terus berinovasi dan membantu pengguna dalam mengekspresikan diri secara lebih baik lagi. Tahun ini, kami melihat penggunaan fitur Live yang luar biasa dari para pengguna di Indonesia," kata Pieter.

Ia melanjutkan, pihak Facebook dan Instagram terinspirasi dengan banyaknya penggunaan Live yang membuat pengguna saling terhubung dengan teman, keluarga, ataupun audiens di tengah pandemi.

Dari situlah, Instagram memboyong fitur Live Rooms di Indonesia. Pengguna dan kreator Tanah Air pun bisa terus terhubung dan berinteraksi.

3 dari 4 halaman

Cara Gunakan IG Live Rooms

Berikut adalah beberapa langkah untuk menggunakan Live Rooms:

1. Untuk memulai Live:

- Geser halaman utama ke kanan. Pilih Siaran Langsung

- Tekan tombol lingkaran yang tersedia di bagian tengah bawah layar untuk memulai Siaran Langsung

2. Untuk mengajak teman bergabung di siaran Live Rooms:

- Tekan ikon Kamera/Rooms

- Pengguna akan melihat daftar teman yang mengirimkan permohonan untuk bergabung di  Live Rooms atau pengguna dapat mengetikkan nama teman yang ingin ditambahkan.

- Pengguna dapat menambahkan hingga tiga teman untuk bergabung dalam siaran Live Rooms. Mereka dapat menambahkan ketiganya secara bersamaan maupun bertahap.

Jika host menggunakan perangkat iOS, mereka akan tetap dapat menggunakan fitur Q&A di Live Rooms. Akan tetapi, untuk saat ini pengguna tidak dapat menampilkan foto atau video seperti pada fitur Live yang ada saat ini.

 

4 dari 4 halaman

Jamin Keamanan di Live Rooms

Instagram mengklaim, mereka berkomitmen untuk menjadi tempat yang aman dan positif guna mendukung opini, kreativitas, dan ekspresi diri setiap pengguna. Oleh karena itu, Instagram menghadirkan berbagai fitur keamanan untuk Live Rooms.

Misalnya, pengguna dapat tetap menyembunyikan komentar negatif saat Live Rooms berlangsung.

Selain itu, jika host memblokir pengguna tertentu, mereka tidak akan dapat mengajukan permohonan untuk bergabung di Live Rooms, meskipun pengguna tersebut tidak diblokir oleh pengguna lainnya.

Pengguna Instagram yang sebelumnya tidak dapat menggunakan fitur Live karena mereka melanggar Pedoman Komunitas Instagram, juga tidak akan dapat bergabung dalam Live Rooms.

Selain diluncurkan secara bertahap di Indonesia, Live Rooms juga diluncurkan secara bertahap bagi pengguna India. Dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini akan tersedia bagi seluruh pengguna Instagram secara global. 

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.