Sukses

Facebook Bayar Media Inggris untuk Lisensi Berita

Facebook membayar media berita Inggris jutaan Pound sterling dalam setahun untuk mendapatkan lisensi artikel mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook membayar media berita Inggris jutaan Pound sterling dalam setahun untuk mendapatkan lisensi artikel mereka. Langkah Facebook ini disebut karena perusahaan tengah menghadapi tindakan keras dari pemerintah Inggris terkait dominasinya di iklan mobile.

Dilansir The Guardian, Selasa (1/12/2020), sebagian besar kelompok surat kabar Inggris telah mendaftar ke program tersebut. Artikel dari media-media itu akan muncul di bagian berita khusus di website Facebook, yang akan diluncurkan pada Januari 2021.

Sebagian besar konsumsi berita Facebook saat ini melalui tautan yang dibagikan di newsfeed utama. Sementara tab berita khusus baru nanti akan melibatkan karyawan Facebook untuk memilih yang dianggap sebagai berita utama hari itu dari media mainstream.

Sebagai gantinya, penerbit dijanjikan sejumlah besar uang dan para pembaca baru.

Facebook menolak berkomentar tentang jumlah uang untuk program baru ini. Namun, sejumlah penerbit atau media memperkirakan menghasilkan jutaan Pound sterling setahun dari kesepakatan beberapa tahun yang telah mereka tandatangani.

"Ini adalah investasi yang sangat besar, dan itu adalah sesuatu yang telah kami lakukan selama beberapa tahun," kata pimpinan kemitraan berita Facebook di Eropa Utara, Sarah Brown.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prioritas Berita

Sarah mengatakan, para kurator akan memprioritaskan pemeriksaan dan keseimbangan yang berkaitan dengan laporan asli saat memilih berita yang akan disorot. Pertimbangannya antara lain sumber laporannya mendalam, tepat waktu, menawarkan sudut pandang menarik, dan memiliki sumber yang baik.

Bagian Facebook News nantinya akan menampilkan campuran berita utama pilihan kurator yang dipekerjakan oleh layanan agregator berita Upday. Selain itu, juga ada berita-berita lain yang dipilih berdasarkan algoritma untuk mencerminkan minat pengguna.

Menurut laporan Social Media Today, Inggris akan menjadi negara pertama yang mendapatkan Facebook News di luar Amerika Serikat (AS). Layanan konten berita tersebut akan meluncur di Inggris pada bulan depan.

3 dari 3 halaman

Media yang Bergabung

Media-media Inggris yang telah mendaftar untuk menjadi mitra layanan berita Facebook ini antara lain The Guardian, Daily Mirror, Independent, dan semua media berita regional utama di negara tersebut. Majalah Economist juga turut serta dalam kerja sama ini.

Situs berita lain yang belum menyetujui kesepakatan dengan Facebook, mungkin masih bisa muncul di layanan tersebut jika memenuhi kriteria standar tertentu.

Suntikan dana langsung dari Facebook dinilai sebagai kabar baik untuk industri berita, yang saat ini kalah dari Facebook dalam pertempuran di pasar iklan Inggris. Kerja sama ini juga terjadi di tengah ancaman intervensi pemerintah Inggris terhadap dominasi pasar iklan online.

Sumber pemerintah telah dengan tegas mengatakan, mereka menginginkan Google dan Facebook berbuat lebih banyak untuk mendukung keuangan media berita.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini