Sukses

Surge Bakal Hadirkan Akses Internet Gratis di Ruang Publik

Ruang publik dan transportasi massal akan kebagian akses WiFi gratis dari Surge.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan media luar ruang di transportasi massal, Surge, berupaya memberikan akses internet gratis di ruang publik.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan akses internet di ruang publik. Pasalnya saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat.

Surge pun melakukan pengembangan jaringan agar bisa menghadirkan layanan WiFi publik gratis.

Direktur Utama Surge, Hermansjah Haryono mengatakan, saat ini Surge dalam proses pengembangan jaringan yang akan selesai dalam waktu singkat.

Sementara, Direktur Bisnis Surge, George Samuel mengatakan, perusahaannya hadir di industri digital Indonesia dengan solusi untuk mendistribusikan internet kepada publik tanpa biaya di ekosistem digital Surge.

Layanan internet gratis ini akan dikombinasikan dengan bisnis periklanan Surge. Dengan demikian, perusahaan akan memperoleh pendapatan iklan.

“Konsep bisnis Surge adalah mengkombinasikan free Wi-Fi dengan iklan. Proses inilah yang membuat Surge masih bisa menghasilkan pendapatan dari iklan atas penggunaan jaringan free Wi-Fi oleh penggunanya,” kata George, dalam keterangan yang diterima, Senin (30/11/2020).

Surge sendiri telah memiliki jaringan internet dari infrastruktur mandiri yang ada di Pulau Jawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akses via Aplikasi LiniPoin

Dijelaskan, Surge berfokus pada digitalisasi lingkungan publik dengan mengembangkan konsep offline-to-online aset media dan aplikasi smartphone, didukung akses internet milik perusahaan.

Diakui pihak Surge, saat ini harga smartphone kian terjangkau dan makin banyak orang yang menggunakan smartphone. Penggunaan data internet pun meningkat. Inilah yang membuat Surge menerapkan model bisnis free Wi-Fi dibarengi dengan iklan.

“Ke depannya, untuk mengakses internet di jaringan free Wi-Fi milik Surge, pengguna harus menggunakan aplikasi Linipoin. Aplikasi ini menawarkan berbagai aktivitas, mulai dari kuis, survei, gaming, dan lain-lain," kata Direktur Teknologi Surge Ricky Ananda.

Selanjutnya, poin tersebut bisa ditukarkan dengan bebagai hadiah.

3 dari 3 halaman

Bikin Aplikasi Smartphone

Tak hanya menghadirkan akses WiFi gratis, Surge juga membuat aplikasi smartphone untuk mendukung transportasi massal, petani, dan marketplace yang bermanfaat bagi ekosistem digital Surge.

Salah satunya adalah aplikasi Sobattani yang mempermudah petani pedesaan meningkatkan pemasaran hasil panennya.

Surge juga akan mulai menawarkan saham perdananya (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkuat modal kerja melalui dana publik.

Cara ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan serta memperluas ekosistem digital. Dengan begitu, mereka bisa memberi layanan publik dengan lebih baik.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.