Sukses

Peran Enkripsi untuk Cegah Kebocoran Data Pribadi

CEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang mengatakan sistem enkripsi perlu diterapkan untuk melindungi data pengguna secara optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus kebocoran data yang dialami pemerintah maupun perusahaan swasta pada 2020 cukup sering terjadi. Hal itu menandakan bahwa data pribadi yang tersimpan di platform digital sangat rentan.

Oleh sebab itu, menurut CEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang, pengamanan data pengguna merupakan kebutuhan mutlak.

Karenanya, perusahaan atau lembaga yang berkutat dengan data masyarakat wajib menerapkan enkripsi untuk melindungi data pengguna secara optimal.

"Enkripsi data pada database server, sangat penting diterapkan karena itu adalah pertahanan terakhir. Jika data telah dicuri, pelaku kejahatan bisa banyak melakukan hal-hal yang merugikan nasabah," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (30/11/2020).

Selain itu, Julyanto juga menuturkan perusahaan atau lembaga harus menerapkan dua lapis keamanan. Penerapan ini harus dilakukan untuk menghindari pembobolan sistem yang berujung pada kebocoran data.

Salah satu yang perlu dilakukan, Julyanto menuturkan, adalah memperkuat otentikasi dengan Single Sign On dan HSM/Smartcard. Dengan memanfaatkan sistem ini, password akses tidak dapat digunakan oleh siapapun, kecuali sistem.

Lalu perusahaan dapat menerapkan enkripsi data dengan otentikasi yang canggih, sehingga data yang berada dalam storage (Data-At-Rest) tidak dapat disadap atau diambil oleh pihak tidak berwenang.

Tidak hanya itu, dalam konteks keamanan, data idealnya juga wajib memuhi tiga syarat, yaitu confidentially, integrity, dan availibity. Karenanya, data menjadi rentan bocor apabila tidak memenuhi satu dari tiga syarat tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyedia Solusi Enkripsi Data

Mengingat pentingnya enkripsi bagi keamanan data, perusahaan atau lembaga pun perlu memanfaatkanya. Terlebih dengan enkripsi, perusahaan atau lembaga sudah memenuhi dua syarat dan kendali akses dengan Access Control List ditambah Manajemen Key sebagai penyempurnanya.

Adapun salah satu solusi enkripsi data saat ini berasal dari CubeOne milik eGlobal Systems yang kini bermitra dengan Equnix Business Solutions.

Solusi enkripsi dari CubeOne disebut dapat meminimalkan pengaruh negatif yang muncul dari penerapan keamanan yang ketat, termasuk bagi para pengguna yang mungkin merasa tidak nyaman.

"CubeOne merupakan alternatif yang unggul untuk solusi Enkripsi TDE, untuk melindungi data tidak hanya Data-at-rest, tetapi juga Data-in-use dari data memori," tutur SVP Global Business eGlobal Systems, Kangsuk Chai.

3 dari 3 halaman

5 Keunggulan CubeOne untuk Pengamanan Data

Lebih lanjut Chai menjelaskan ada lima keunggulan CubeOne untuk melakukan pengamanan data secara maksimal, seperti dijabarkan dalam poin berikut ini:

  1. Column-level Encyrption
  2. Index Search with Ciphertext
  3. High Performance
  4. Safe Key Management
  5. Authority Separation and Access Control

"Reputasi keandalan produk kami dibangun dari rasa tanggung jawab. Perusahaan besar di Korea Selatan dan berbagai proyek pengembangan sistem berskala besar mengakui dan menggunakan CubeOne sebagai solusi enkripsi mereka, seperti Hyundai, Samsung, hingga Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan," tutur Chai mengakhiri pernyataannya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini