Rekomendasi 3 Gim Santai untuk Mabar

Oleh Andina Librianty pada 30 Nov 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 30 Nov 2020, 12:00 WIB
Among Us
Perbesar
Tampilan gim Among Us. (Dok. InnerSloth via Steam)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi dan imbauan untuk menjaga jarak sosial telah mengubah banyak kebiasaan, terutama karena orang-orang kini menghabiskan lebih banyak waktu di rumah daripada sebelumnya. Namun, kalian masih tetap bisa bermain gim online meskipun terpisah jarak dengan teman-teman atau keluarga.

Selama pandemi ini, banyak orang beralih ke layanan online untuk bersosialisasi dan mencari hiburan. Gim online pun menjadi salah satu cara agar bisa tetap bermain bersama dengan teman-teman dan keluarga di tengah pandemi.

Saat ini ada banyak gim yang bisa dimainkan mulai dari gim mobile hingga di situs web. Tim Tekno liputan6.com merangkum tiga gim santai yang bisa dimainkan bersama teman dan keluarga.

Berikut ini ketiga gim tersebut:

1. Among Us

Among Us adalah gim multiplayer social deduction dari InnerSloth. Gim bertema luar angkasa ini akan membagi pemain dalam dua kelompok, yaitu Crewmate dan Impostor.

Crewmate bertugas mengidentifikasi Impostor, mengeliminasi mereka, dan menyelesaikan tugas-tugas yang ada di peta. Sementara Impostor bertugas secara diam-diam menyabotase dan membunuh Crewmate sebelum mereka menyelesaikan tugasnya.

Pemain yang dicurigai sebagai Impostor bisa dielimasi atau dikeluarkan dari permainan melalui pemungutan suara. Semua pemain akan melakukan pertemuan darurat untuk menebak Impostor atau melaporkan temuan mayat.

Crewmate akan menang jika Impostor terelimasi atau semua tugas selesai sebelum permainan berakhir. Impostor menang jika jumlah Impostor dan Crewmate sama.

Kalian bisa memainkan gim ini bersama teman-teman dan keluarga. Pemain bisa membuat room dan membagikan kodenya kepada orang yang ingin diajak bermain.

Gim ini dirilis pada 2018, dan belakangan popularitasnya menanjak karena banyaknya streamer Twitch dan YouTuber memainkannya.

Among Us bisa dimainkan di perangkat iOS, Android, dan PC.

2 dari 3 halaman

2. Backyard

Gim Backyard
Perbesar
Gim Backyard (screenshot)

Jika kalian ingin bermain gim bersama secara virtual, tapi tidak ingin menyiapkan Zoom atau layanan chat terpisah, kalian bisa mencoba Backyard. Ini merupakan platform gratis yang menggabungkan gim, video, dan chat sekaligus.

Gim ini bisa diakses di alamat https://backyard.co/ . Dikutip dari Cnet, kalian harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun Google atau Apple, lalu membuat Space.

Setelah itu, para pemain lain bisa bergabung dengan Space pribadi yang telah dibuat tadi. Kalian akan mendapatkan sebuah kode untuk dibagikan kepada para pemain lain, sehingga mereka bisa bergabung dan pilihlah sebuah gim untuk dimainkan.

Backyard memiliki sejumlah gim mirip dengan gim populer seperti Letter Tile (Scrabble), Codewords (Codenames), dan Wordplay: Cards Against Humans (Cards Against Humanity).

Kalian bisa memainkannya langsung dari web browser tanpa harus mengunduh aplikasi.

 

3 dari 3 halaman

3. Animal Crossing: New Horizons

Aminal Crossing: New Horizons hadir di Nintendo Switch pada Maret 2020, sebelum Covid-19 menyebar ke berbagai negara.

Dilansir dari Cnet, aspek sosial di gameplay ini disebut dapat membantu orang-orang mengatasi penerapan menjaga jarak menjadi lebih mudah selama pandemi.

Selain menjalankan berbagai tugas seperti memetik buah, menanam pohon, dan mendesain ruangan, kalian juga bisa mengundang teman untuk mengunjungi pulau, memancing, dan menjelajah bersama.

Jika kalian tidak memiliki Switch, maka bisa memainkan versi mobile gim tersebut yaitu Animal Crossing: Pocket Camp. Namun, versi mobile ini belum tersedia untuk pengguna di Indonesia.

(Din/Why)

Lanjutkan Membaca ↓