Sukses

Galaxy S21 Pakai Pengenalan Suara untuk Buka Kunci Layar?

Samsung Galaxy S21 yang akan rilis di bulan Januari 2021, dikabarkan akan memiliki pengenalan suara sebagai salah satu opsi untuk membuka kunci layar.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan akan menambah metode pembukaan kunci pada Galaxy S21. Berdasarkan laporan, Galaxy S21 mungkin akan dapat dibuka menggunakan pengenalan suara.

Sumber SamMobile menyebut, Samsung akan membuat pengenalan suara di Bixby Voice bisa membuka kunci Galaxy S21.

Metode ini sebagai salah satu alternatif buka kunci pada perangkat Galaxy selain dengan pengenalan wajah dan pindai sidik jari.

Sebelumnya, kemampuan membuka kunci dengan pengenalan suara ini hanya bisa dilakukan di Galaxy S21. Namun kemungkinan kemampuan tersebut akan merambah perangkat lain seiring dengan kehadiran One UI 3.1 nantinya.

Dikutip dari Android Authority, Jumat (27/11/2020), pengenalan suara mungkin bukan opsi sign-in paling aman. Pasalnya ketika ada orang yang memanfaatkan perekaman suara berkualitas tinggi, bisa saja membuka kunci perangkat.

Sementara, fingerprint atau iris scanner dianggap jadi opsi yang lebih baik untuk membuka kunci pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakal Jadi Opsi Menarik

Kendati demikian, pengenalan suara bisa jadi opsi pembukaan kunci layar ketika pengguna tak bisa menyentuh ataupun melihat ke layar, misalnya ketika pengguna tengah memakai masker dan berada di luar rumah.

Tak hanya peningkatan di sisi keamanan, Galaxy S21 juga diisukan akan hadir dengan peningkatan kamera, misalnya dengan lensa 108MP generasi baru serta peningkatan di perekaman video 4K atau 8K.

3 dari 3 halaman

Bocoran Galaxy S21

Tidak hanya itu, Galaxy S21 juga kemungkinan besar akan hadir dengan chipset Snapdragon generasi terbaru.

Bahkan untuk versi Galaxy S21 Ultra, ada kemungkinan Samsung bakal menambah dukungan S Pen, sekaligus sebagai akhir dari masa jaya lini Galaxy Note.

Soal peluncurannya sendiri, Samsung disebut-sebut akan merilis Galaxy S21 pada Januari mendatang. Biasanya Samsung selalu merilis lini Galaxy S di bulan Februari atau awal Maret.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.