PUBG Mobile Diburu Ratusan Serangan Phishing yang Ingin Curi Akun Pengguna

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 25 Nov 2020, 12:30 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 12:30 WIB
PUBG
Perbesar
PUBG Mobile resmi sambangi iOS dan Android di dunia. Liputan6.com/ Yuslianson

Liputan6.com, Jakarta - PUBG Mobile menghadirkan season 16 dengan berbagai pembaruan di dalam gim. Namun seiring kehadiran musim baru ini, para ahli Kaspersky menemukan ratusan halaman phishing yang bertujuan untuk mencuri akun PUBG Mobile.

Hal ini tak lepas dari upaya pengembang gim yang seringkali memberikan penawaran berupa insentif kecil dan imbalan untuk memainkan gim mereka.

Misalnya dalam PUBG Mobile, season baru ini hadir dengan item, monster, dan mekanik terbaru dari gim Metro: Exodus.

Para penjahat siber pun tak melewatkan peluang ini untuk melakukan aksi jahatnya.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Rabu (25/11/2020), Kaspersky mengidentifikasi 260 halaman phishing yang menawarkan kesempatan ke pengguna PUBG Mobile untuk memenangkan item baru.

Dalam laporan disebut, untuk mendapatkan hadiah bodong tersebut, pengguna hanya perlu mengirimkan akun gim mereka via profil Twitter atau Facebook.

2 dari 3 halaman

Meminta Banyak Informasi

PUBG Mobile
Perbesar
PUBG Mobile bakal kehadiran zombie mode di update terbarunya, kapan? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Ketika entri gagal, pengguna akan diminta untuk memberikan informasi tambahan seperti nama alias yang dipakai dalam gim, nomor telepon, dan informasi detail pribadi lainnya.

Akibatnya, para scammer tak hanya mendapatkan akun media sosial pengguna, tetapi juga detail pribadi lainnya. Semuanya bertujuan untuk mendapatkan akun PUBG Mobile untuk dijual kembali demi keuntungan.

Pakar Keamanan Kaspersky Tatyana Shcherbakova mengatakan, pelaku kejahatan siber sangat mepersiapkan diri mereka dengan baik untuk menyambut season baru sebuah gim.

"Halaman phishing yang kami temukan dirancang dengan sangat meyakinkan, baik dari segi desain maupun antarmuka yang biasanya sangat familiar bagi para gamer," kata Tatyana.

3 dari 3 halaman

Saran Kaspersky agar Terhindar Phishing

Turnamen Mobile Esports Cup 2019 di Mangga Dua
Perbesar
Penggiat game memadati lantai dasar Mangga Dua Mall di Jakarta, Minggu (17/3). Ratusan gamers ambil bagian dalam kompetisi game Mobile Legends dan PUBG Mobile bertajuk NXL Mobile Esports Cup 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk mengindari jadi korban phishing dengan skema tersebut, berikut adalah rekomendasi Kaspersky.

1. Jangan turut bergabung dalam undian apapun selain dari situs web resmi gim.

2. Periksa informasi melalui sumber resmi, jika aktivitas terkait benar-benar ada, pengembang gim kemungkinan tidak akan merahasiakannya.

3. Skema ini bisa sangat meyakinkan, sehingga pengguna harus melihat dengan sangat teliti. Gamer juga bisa menggunakan solusi keamanan andal yang tidak akan membiarkan pengguna mengunjungi halaman phishing.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa