Sukses

Korea Selatan Bikin Kereta Hyper-Tube Berkecepatan 1.000 Km/Jam

Institut Penelitian Kereta Api Korea mengumumkan kereta hyper-tube berkecepatan lebih dari 621 mph (1.000 km/jam) selama pengujian.

Liputan6.com, Jakarta - Institut Penelitian Kereta Api Korea (The Korean Railroad Research Institute/KORAIL) mengumumkan kereta hyper-tube berkecepatan lebih dari 621 mph (1.000 km/jam) selama pengujian.

Mengutip laman Interesting Engineering, Selasa (24/11/2020), ini menandai pencapaian besar dalam pergerakan menuju kereta yang lebih cepat.

Hyper-tube adalah hyperloop versi Korea Selatan, di mana negara tersebut memulai mega proyek ini pada 2017.

Rencana pengoperasian kerata hyper-tube salah satu rencananya akan memangkas perjalanan dari Seoul ke Busan (dari tiga jam tiga puluh menit menjadi hanya tiga puluh menit).

Pada pengujian awal, tercatat hyper-tube mampu menembus kecepatan 633 mph (1.019km/jam) pada tingkat tekanan 0,001 (mirip dengan tekanan vakum).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perangkat Pengujian

Kereta ini dilesatkan melalui tabung mini yang dikembangkan sendiri sebagai perangkat pengujian aerodinamis.

Menurut laporan dari Business Korea, perangkat pengujian itu dibuat pada skala ke-17 dan merupakan yang pertama dari jenisnya di seluruh dunia.

Belum lama ini, kecepatan maksimum yang berhasil dicapai KORAIL dengan kereta hyper-tube adalah 443 mph (714 km/jam).

 

3 dari 3 halaman

Hyper-tube Vs Pesawat

Bila dibandingkan dengan pesawat, sebagai contoh penerbangan internasional reguler dari Eropa ke Asia, terbang dengan kecepatan sekitar 497 hingga 621 mph (800 hingga 1.000 km/jam). Bisa dibilang, hyper-tube adalah kereta yang sangat cepat.

KORAIL mengklaim telah mengatasi masalah hambatan mengemudi kendaraan yang disebabkan oleh gesekan cepat pada bagian akselerator dan sistem uji aerodinamis, sehingga melebihi kecepatan 1000km/jam.

Institut tersebut terus menyempurnakan teknologinya dan bergerak menuju pengembangan lintasan dan kendaraan pada 2022 mendatang.

KORAIL bukan satu-satunya lembaga yang mengerjakan kereta semacam itu. Baru-baru ini, Virgin Hyperloop mengumumkan pencapaiannya terkait pod berkecepatan tinggi.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.