Sukses

Google dan Temasek Jadi Investor Tokopedia

Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dan segar. Duo investor, Temasek dan Google telah diumumkan sebagai pemegang saham Tokopedia.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana segar. Dua investor baru, yakni Temasek dan Google, sekaligus menjadi pemegang saham di Tokopedia.

Hal ini juga telah diumumkan secara langsung oleh CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, melalui akun Instagram miliknya.

"Kami sangat senang menyambut Temasek dan Google sebagai pemegang saham Tokopedia. Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan mereka kepada Tokopedia dan Indonesia," tulis William, seperti dikutip pada Selasa (17/11/2020).

William meyakini kerja sama ini bisa mendorong terwujudnya cita-cita Tokopedia untuk menjadi perusahaan yang kuat dan berkelanjutan. Tujuannya agar dapat terus mengakselerasi transformasi digital dan melakukan pemerataan ekonomi melalui teknologi di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Porsi Saham

Nikkei Asian melaporkan bahwa Google saat ini memegang 1,6 persen saham Tokopedia. Sementara Anderson Investments yang berafiliasi dengan Temasek berhak atas 3,3 persen saham. 

Data ini diketahui dari dokumen yang diajukan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia pada 4 November 2020.

3 dari 3 halaman

Nilai Saham

Saham Tokopedia yang dipegang Google dan Anderson masing-masing bernilai Rp 16,7 dan Rp 33,4 miliar.

Angka tersebut belum tentu mencerminkan nilai investasi yang sebenarnya diberikan oleh kedua belah pihak, karena investasi mereka boleh jadi digulirkan dalam beberapa tahap. Karena itu pula, Google dan Temasek pun dapat meningkatkan kepemilikan saham di Tokopedia di kemudian hari.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini