Sukses

Line dan Dicoding Kembali Gelar Program Beasiswa Developer Academy

Line Developer Academy merupakan program beasiswa bagi Warga Negara Indonesia yang tertarik belajar membangun Line Chatbot dan Line Front-end Framework.

Liputan6.com, Jakarta - Line Indonesia baru saja mengumumkan program beasiswa Line Developer Academy untuk tahun ini. Program beasiswa ini hadir berkat kerja sama dengan Dicoding Indonesia.

Line Developer Academy merupakan program beasiswa bagi Warga Negara Indonesia yang tertarik belajar membangun Line Chatbot dan Line Front-end Framework. Program ini diselenggarakan secara gratis dan terbuka tanpa syarat.

Pendaftaran program ini dibuka mulai 15 hingga 30 November 2020. Nantinya, pengumuman penerima beasiswa akan dilakukan pada 4 Desember 2020 dan masa belajar dimulai sejak pengumuman tersebut hingga 2021.

"LINE bekerja sama dengan Dicoding guna mendorong para developer untuk mengembangkan LINE sebagai platform yang kian inklusif dan kian luas bagi pengguna Indonesia, khususnya anak muda," tutur Product Manager Line Indonesia, Fauzan Helmi Sudaryanto, dalam keterangan resmi, Senin (16/11/2020).

Untuk program tahun ini, ada dua kelas yang dibuka, yakni Belajar Membangun Line Front-end Framework dan Belajar Membangun Line Chatbot. Lewat kelas Line Front-End Framework, penerima beasiswa akan mendapat beragam matera, mulai dari SendMessage, OpenWindow, hingga GetProfile.

Sementara lewat kelas Line Chatbot, penerima beasiswa akan memiliki kesempatan belajar tentang Line API, seperi Reply Message, Push Message, hingga Group/Room Chat. Informasi soal program beasiswa ini dapat diakses melalui situs resmi Line Developer Academy.

"Melalui kerjasama dengan LINE Indonesia dalam penyelenggaraan LINE Developer Academy 2020 ini, kami ingin menyaring lebih banyak talenta muda Indonesia yang tertarik mengenai pengembangan teknologi chatbot dan LIFF di LINE sehingga dapat membantu mengembangkan pengetahuan dan bakat mereka," tutur CEO Dicoding, Narenda Wicaksono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Line Developer Day 2020 Bakal Berlangsung Online

Di sisi lain, Line Corporation (Line) akan kembali menyelenggarakan konferensi teknologi, Line Developer Day. Konferensi ini akan berlangsung secara online selama tiga hari mulai dari 25 hingga 27 November.

Line Developer Day sejak 2015 telah menjadi tempat bagi Line untuk mengumpulkan pengembang dan menampilkan berbagai proyek serta tantangan berbeda di tiap bidang teknis dari berbagai layanan milik perusahaan. Menyikapi pandemi Covid-19, semua sesi di Line Developer Day 2020 digelar secara online selama tiga hari.

Acara ini akan dimulai dengan keynote speech dari CTO Line, Euvin Park, yang akan membawakan strategi dan visi perusahaan, menjelaskan inisiatif teknologi sebagai respons atas perubahan di lingkungan sosial sekitar Line.

Berbagai presentasi dan diskusi panel juga akan menampilkan tema serupa, termasuk fokus pada pengetahuan dan tantangan yang ditemukan pada berbagai bidang seperti AI, data, teknologi keuangan, infrastruktur, server-side, dan teknologi front-end.

3 dari 3 halaman

Pembicara Tamu

Sekitar 30 pembicara tamu dari Jepang dan negara lain akan melakukan presentasi dan memoderasi sejumlah diskusi panel.

Line Developer Day 2020 diklaim akan menjadi yang terbesar dalam sejarah karena menampilkan lebih dari 150 konten streaming berbeda.

Semua sesi pembicara Line Developer Day akan disiarkan secara online di Line Live melalui situs resmi Line di https://linedevday.linecorp.com/2020/en/.

Seluruh sesi akan bisa ditonton dalam bahasa Jepang dan Inggris. Beberapa sesi hanya akan diselenggarakan dalam bahasa Korea.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini