Sukses

Apa Akibatnya Jika Gim Fisik PS5 Dimasukkan ke Konsol PS4?

Namun, apa yang terjadi bila kamu memasukkan blu-ray disc gim PS5--seperti Spider-Man: Miles Morales--ke konsol PS4?

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja meluncurkan konsol PlayStation 5 (PS5) mereka di sejumlah negara pada 12 November, dan secara global pada 19 November 2020.

Karena masih belum banyak gamer yang memegang langsung konsol baru Sony tersebut, wajar bila banyak pemain yang penasaran dengan kemampuan PS5.

Salah satunya adalah soal kemampuan PS5 yang memang digadang-gadang sebagai fitur andalan konsol milik Sony tersebut.

Karena kemampuan itu, gamer bisa memainkan sejumlah judul gim PS4 di konsol anyar Sony dengan berbagai peningkatan, seperti grafis lebih detail dan waktu loading yang lebih cepat.

Namun, apa yang terjadi bila kamu memasukkan blu-ray disc gim PS5--seperti Spider-Man: Miles Morales--ke konsol PS4?

Dengan harapan konsol generasi terakhir Sony tersebut dapat membaca dan memberikan akses ke versi gim PS4 itu. Namun, kenyataannya jauh dari yang diharapkan.

Sebagaimana dilansir PSU, Senin (16/11/2020), gim PS5 Spider-Man: Miles Morales yang dimasukkan ke PS4 ternyata "nyangkut" di dalam konsol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Tombol Eject Darurat

Penampakan konsol PS5. (Doc: PlayStation)

Beruntung, konsol PS4 memiliki tombol darurat di bagian bawah konsol yang dapat digunakan untuk mengeluarkan disk gim bila menyangkut di dalamnya.

Meski bukan pilihan yang diinginkan, tidak mengherankan jika gim PS5 terjebak dalam loop membaca disc tersebut di PS4, seperti PSU ungkapkan dapat membuat blu-ray disc itu rusak.

 

3 dari 3 halaman

Uji Coba Menarik

PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)

Namun, pembahasan tentang kompatibilitas ini telah membuat banyak gamer bingung terkait dengan judul gim baru yang rilis di kedua konsol tersebut.

Pada awalnya, percobaan ini memang tampak aneh untuk dicoba sejak awal. Toh, sudah menjadi rahasia umum gim yang dibuat untuk konsol lebih baru tidak berfungsi pada yang lebih lama.

Dengan semua hype seputar kemampuan PS5 untuk memainkan game PS4, serta kemampuannya untuk menggunakan save file dari generasi sebelumnya, eksperimen ini cukup logis.

Gimnya sendiri pada akhirnya akan sama, tidak peduli di generasi mana pemain memilih untuk mengalaminya.

Karena itu, ada baiknya kamu untuk tidak memasukkan disc PlayStation 5 fisik ke PlayStation 4, meskipun gim tersebut memiliki versi PS4.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini