Sukses

PS5 Kena Bug, Pengguna Tak Bisa Unduh Gim dan Aplikasi

Konsol gaming terbaru Sony, PlayStation 5 atau PS5, kabarnya terkena sebuah bug. Bug ini membuat pengguna sulit mengunduh aplikasi dan gim dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Konsol gaming terbaru Sony, PlayStation 5 atau PS5, kabarnya terkena sebuah bug. Bug ini membuat pengguna kesulitan mengunduh aplikasi dan gim dengan lancar.

Glitch download ini dilengkapi dengan tulisan "Queued for Download" alias "antrean untuk unduhan", atau status error tiap kali pengguna mencoba mengunduh aplikasi ataupun gim.

Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan factory reset alias mengatur ulang konsol ke pengaturan pabrik.

Mengutip laman Gizmochina, Sabtu (14/11/2020), glitch serupa dialami oleh sejumlah pengguna PS5.

Para pengguna melaporkan, masalah eror saat hendak mengunduh gim ini terjadi ketika konsol baru dipakai untuk mengunduh gim atau aplikasi pertama kalinya.

Sebagai akibat dari kesalahan dalam pengunduhan ini, konsol PS5 pun jadi macet dan terganggu performanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Gim Populer Terdampak

Pemeriksaan di library PS5 memperlihatkan bahwa pengguna telah memiliki gim atau aplikasi, namun PS5 Store menyebut, pengguna belum melakukan pembelian aplikasi/ gim tersebut.

Sejumlah gim populer yang terdampak dari glitch download ini meliputi Godfall, Spider-Man, Demon's Souls, Call of Duty: Black Ops Cold War, dan aplikasi streaming Disney Plus.

Sejauh ini, berdasarkan laporan, glitch download ini hanya berdampak pada gim dan aplikasi spesifik pada PS5.

3 dari 3 halaman

Cuma Bisa Diselesaikan dengan Factory Reset

Sony sendiri belum memberikan komentar akan bug ini. Namun, publisher Call of Duty, Activision, menyarankan pengguna melakukan factory reset jika mendapati masalah gagal unduh.

Factory reset terbukti menyelesaikan masalah serupa bagi para pengguna.

Sayangnya dengan melakukan factory reset akan membuat konsol benar-benar kehilangan data atau gim yang sudah diunduh. Para pengguna pun harus mengunduh gim dan aplikasi dari awal.

Namun mengingat ini adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan, pengguna yang mengalami glitch download tak punya pilihan selain melakukan factory reset.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.