Sukses

Smartphone Diduga Oppo Reno5 Terima Sertifikat TKDN

Smartphone Oppo yang diduga sebagai Reno5 mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin. Selain di Indonesia perangkat ini mendapatkan sertifikat dari regulator Thailand, Eropa, dan Pakistan. Benarkah Reno5?

Liputan6.com, Jakarta - Oppo dikabarkan berencana untuk merilis smartphone Reno terbaru yakni Reno5 di Tiongkok.

Dipercaya, smartphone Oppo PEGM00/ PPEGT00 yang belum lama ini mendapatkan sertifikat perangkat dari TENAA (otoritas Tiongkok) merupakan Reno5.

Smartphone dengan kode PDSM00 yang belum lama ini juga muncul di Geekbench kemungkinan adalah Reno5 Pro versi Tiongkok.

Di luar pasar Tiongkok, Oppo kemungkinan menjual Reno5 dengan jaringan 4G, termasuk di Thailand dan Indonesia yang memang belum ada jaringan 5G.

Mengutip Gizmochina, Jumat (13/11/2020), belum lama ini smartphone Oppo model CPH2159 muncul di database milik regulator Thailand. Terungkap dari listing tersebut, smartphone yang akan meluncur di Thailand kemungkinan adalah Reno5.

Rupanya, model smartphone Oppo yang sama yakni CPH2159 juga telah terdaftar di sertifikat TKDN pada website P3DN milik Kementerian Perindustrian.

Dari penelusuran Tekno Liputan6.com, memang di laman P3DN tidak diungkap seri smartphone yang dimaksud serta spesifikasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konektivitas 4G

Namun jika merujuk ke laman sertifikasi milik regulator Thailand, terungkap bahwa perangkat yang digadang-gadang sebagai Reno5 itu hadir dengan konektivitas LTE.

Tidak hanya di Thailand dan Indonesia, perangkat ini juga terlihat di sejumlah laman regulator negara lain, seperti EEC Eropa dan Pakistan. Semuanya tertulis dengan kode yang sama dan dukungan jaringan 4G.

Di Tiongkok sendiri, Reno5 digadang-gadang akan muncul dalam versi 5G.

Bocoran spesifikasinya, perangkat ini memiliki layar OLED seluas 6,43 inci dengan dukungan resolusi Full HD+. Pada layar juga terdapat punch hole untuk menempatkan kamera selfie 32MP.

3 dari 3 halaman

Bocoran Spesifikasi Reno5

Pada bodi belakang, Oppo membenamkan empat kamera utama. Masing-masing adalah 64MP, 8MP, 2MP, dan 2MP.

Menurut bocoran yang beredar, Reno5 didukung dengan chipset Snapdragon 765 dan opsi RAM 8GB atau 12GB.

Di Tiongkok, perangkat ini akan disokong ruang penyimpanan seluas 128GB dan 256GB. Oppo kabarnya tidak menyertakan slot MicroSD pada Reno5 ini.

Kendati demikian, Reno5 disebut-sebut telah didukung OS Android 11 serta baterai 4.300mAh dengan kemampuan pengisian daya cepat 65W.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.