Sukses

Pesan di Messenger dan Instagram Kini Otomatis Hilang dengan Vanish Mode

Fitur di Instagram dan Messenger bernama "Vanish Mode" alias mode menghilang. Ketika pengguna telah membaca pesan, mereka bisa menutupnya dan kembali ke obrolan reguler.

Liputan6.com, Jakarta - Pesan yang dikirim ke aplikasi chatting biasanya bersifat permanen. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini ada tren di mana penyedia aplikasi menghadirkan fitur Unsent sampai ke self destruct (pesan hilang sendiri).

Sebut saja WhatsApp dan Telegram yang telah menghadirkan kemampuan untuk otomatis menghilangkan pesan-pesan setelah beberapa waktu tertentu.

Kini, para pengguna DM Instagram dan Facebook Messenger pun mendapatkan fitur serupa.

Sebelumnya, Facebook sudah menghadirkan fitur Unsent di Messenger dan Instagram. Kini perusahaan memperkenalkan kemampuan pesan hilang secara otomatis.

Pesan otomatis hilang pada Instagram  dan Messenger tidak seperti di Snapchat yang langsung hilang setelah beberapa waktu.

Mengutip Ubergizmo, Jumat (13/11/2020), pada IG dan Messenger ini merupakan mode chat baru, di mana pesan yang dikirimkan pada mode tertentu akan langsung hilang ketika chat ditutup. Keuntungannya, pengguna bisa membuat obrolan yang bersifat benar-benar rahasia.

Fitur ini bernama "Vanish Mode" alias mode menghilang. Ketika pengguna telah membaca pesan, mereka bisa menutupnya dan kembali ke obrolan reguler.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Tentang Vanish Mode

"Kami merancang 'vanish mode' sembari memikirkan keamanan dan preferensi pengguna, di mana kamu bisa mengontrol pengalaman," kata Facebook dalam keterangannya.

"Hanya orang-orang yang terhubung dengan kamu yang bisa menggunakan 'vanish mode' pada sebuah pesan," kata Facebook.

Facebook juga menyebut, 'vanish mode' merupakan sebuah pilihan. "Sehingga kamu bisa memilih apakah mau masuk ke 'vanish mode' bersama seseorang," tulis Facebook.

3 dari 3 halaman

Ketahuan Kalau Di-screenshot

Uniknya, ketika lawan bicara di chat mengambil screenshot dari obrolan di 'vanish mode', pengguna akan mendapatkan notifikasi.

Fitur ini sejalan dengan upaya Facebook yang beberapa waktu lalu menghadirkan fitur disapearing messages di WhatsApp. Meski berbeda cara kerjanya, konsepnya tetap sama, yakni membuat pesan otomatis hilang tak berjejak.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.