YouTube Down juga Berimbas ke Layanan YouTube Music dan YouTube TV

Oleh Agustinus Mario Damar pada 12 Nov 2020, 09:18 WIB
Diperbarui 12 Nov 2020, 09:18 WIB
Ilustrasi YouTube Music
Perbesar
Ilustrasi YouTube Music. Kredit: Google

Liputan6.com, Jakarta - Laporan YouTube down pagi ini ternyata berimbas pula pada layanan lain yang mengandalkan infrastruktur YouTube. Karenanya, layanan seperti YouTube TV dan YouTube Music kini juga tidak dapat diakses.

Bahkan, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (12/11/2020), masalah ini juga ditemui di layanan Google TV yang sebelumnya dikenal sebagai Google Play Movies & TV, sehingga konten di dalamnya tidak bisa muncul. 

Terkait masalah ini perusahaan akhirnya angkat suara melalui akun Twitter resmi @TeamYouTube. Dalam kicauannya, mereka mengakui ada masalah yang terjadi dan tengah berupaya memperbaikinya.

"Jika saat ini kamu mengalami masalah saat menonton video di YouTube, kamu tidak sendirian," tulis akun tersebut.

Masalah ini juga membuat YouTube menjadi salah satu pembahasan yang banyak dibicarakan di Twitter. Berdasarkan pantauan, tagar YouTube Down kini menjadi Trending Topic pagi ini.

Melihat dari kicauan warganet, masalah ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara lain.

Adapun kicauan warganet banyak berisi laporan YouTube tidak dapat diakses dan ada yang mengira masalah terjadi karena internet mereka.

2 dari 4 halaman

YouTube Down Bareng Gmail dan Google Drive

Logo baru Gmail
Perbesar
Logo baru Gmail (Foto: The Verge)

Sebelumnya, YouTube juga sempat down pada Agustus 2020. Berdasarkan informasi situs pendeteksi laman down, DownDetector pada Kamis (20/8/2020), sebagian keluhan pengguna YouTube adalah mereka tidak bisa menonton video, diikuti dengan kesulitan mengunggah video, dan sulit mengakses website YouTube.

Beberapa pengguna YouTube mengeluh di DownDetector, mereka tak bisa mengunggah video, padahal proses pengunggahan sudah dilakukan sejak satu jam lalu.

Laman DownDetector mendeteksi, keluhan pengguna berasal dari berbagai negara di seluruh dunia. Misalnya di Eropa, YouTube down di Inggris, Jerman, Prancis, Norwegia, Yunani, Spanyol, Turki, hingga kawasan Belarusia dan Finlandia.

Sementara di Asia, YouTube tumbang di India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Indonesia, Jepang, Korea, hingga Filipina. Begitu juga dengan sebagian negara bagian di Amerika Serikat.

3 dari 4 halaman

Berbagai Layanan Google Lain Ikut Down

Ketika itu, tidak hanya Gmail, Google Drive dan YouTube, sebagian besar layanan Google lain juga ikut tumbang.

Berdasarkan update Google di laman G Suite Status Dasboard, sejumlah layanan Google yang mengalami gangguan antara lain adalah Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Slides, Google Groups, Google Chat, Meet, Keep, hingga Google Voice.

Sebelumnya pihak Google menyebut, pihaknya telah melakukan investigasi atas masalah yang menimpa Gmail dan Google Drive. Google juga berjanji untuk memberikan info lebih lengkap setelahnya.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓