Sukses

Samsung Bakal Rilis Galaxy S21 Lebih Awal untuk Hambat Laju Huawei?

Samsung dilaporkan akan merilis seri flagship Galaxy S1 lebih cepat satu bulan daripada yang diperkirakan.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan akan merilis seri flagship Galaxy S1 lebih cepat satu bulan daripada yang diperkirakan.

Langkah Samsung ini disebut sebagai upaya untuk merebut pangsa pasar dari Huawei dan menangkis persaingan Apple.

Dilansir Reuters, Rabu (11/11/2020), informasi tersebut disampaikan tiga orang sumber.

Huawei pernah mengancam posisi teratas Samsung di pasar smartphone global. Namun, Huawei kini tengah berada dalam kondisi tidak menguntungkan karena pembatasan Amerika Serikat (AS) yang membuat bisnisnya terhambat.

Samsung sedang bersiap merilis Galaxy S21 paling cepat akhir Januari 2021. Padahal sebelumnya, perusahaan meluncurkan seri Galaxy S20 pada awal Maret tahun ini.

Huawei sempat berhasil melengserkan Samsung dari peringkat pertama pada kuartal II (Q2). Kemudian, kembali menduduki takhtanya pada Q3 karena pebatasan yang dialami Huawei.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suplai Terbatas

Pembatasan AS tidak hanya memengaruhi bisis peralatan telekomunikasi Huawei, tapi juga smartphone. Suplai chip untuk smartphone miliknya kian terbatas.

Menurut sumber di salah satu penyuplai chip besar, stok chip Huawei diperkirakan akan habis pada awal tahun depan.

3 dari 3 halaman

Persaingan Kian Sengit

Kendati demikian, Samsung tetap akan menghadapi persaingan sengit dari para kompetitor asal Tiongkok lain seperti Xiaomi dan Oppo.

Vendor Tiongkok disebut juga akan memanfaatkan perjuangan Huawei untuk mempertahankan pangsa pasar.

Persaingan pun datang dari Apple. Seri iPhone terbaru yang dirilis pada Oktober, satu bulan lebih lambat dari biasanya, dinilai akan semakin meningkatkan persaingan.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.