Sukses

Tablet Jadi Pendukung Kegiatan Orangtua dan Anak di Masa Pandemi

Tablet saat ini sudah menjadi perangkat yang dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan bekerja orangtua dan belajar anak.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi tidak dimungkiri telah membawa perubahan pola kehidupan masyarakat di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Menurut Education Counselor, Vivid Argarini, ada tiga perubahan atau dampak dari pandemi saat ini, yakni Work From Home, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan hiburan yang terbatasi.

Untuk itu, Vivid mengatakan orangtua harus mampu beradaptasi dengan kondisi sekarang. Terlebih dengan kondisi PJJ saat ini, orangtua perlu memikirkan aktivitas yang bermuatan edukasi sekaligus kreatif pada anak-anaknya mengingat proses pembelajaran saat ini dilakukan di rumah.

Sementara bagi orangtua sendiri, mereka juga perlu melakukan aktivitas yang membuat mentalnya tetap sehat selama masa pandemi sekarang ini.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan, seperti melakukan video call dengan teman, menjelajah internet untuk mencari kegiatan baru, hingga memperkuat keakraban dengan anggota keluarga.

"Oleh sebab itu, perangkat teknologi kini bisa menjadi solusi untuk ruang berkreasi bagi keluarga di rumah, baik orangtua maupun anak. Karenanya, perlu perangkat yang ringkas yang memudahkan mobilisasi, baik dari anak ke orangtua atau sebaliknya," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (6/11/2020).

Selain itu, perangkat tersebut sebaiknya menawarkan layar yang memanjakan mata, sehingga pengalaman penggunaan lebih menyenangkan.

Berbekal perangkat tersebut, Vivid menuturkan orangtua bisa mengajak anaknya untuk melihat beragam video tutorial, melakukan tur virtual, hingga melakukan olahraga dengan menyaksikan panduannya di platform video.

Melihat kebutuhan tersebut, Samsung sendri telah memperkenalkan Galaxy Tab A7 sebagai perangkat yang memenuhi kebutuhan orangtua dan anak. Lewat fitur dan kemampuan yang dimilikinya, tablet ini mampu diajak melakukan kegiatan multitasking, mulai dari kebutuhan kerja orangtua, belajar anak, hingga hiburan.

"Galaxy Tab A7 memiliki sejumlah keunggulan, seperti layar lebih besar, bodi yang tipis, dan didukung prosesor yang impresif maupun baterai berkapasitas besar," tutur Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, Elvira Dwi Anggraeni. Adapun tablet ini memiliki layar berukuran 10,4 inci dengan bezel yang tipis.

Untuk performanya, tablet ini dibekali dengan chipset Snapdragon 662, RAM 3GB, dan memori internal 32GB. Samsung membekalinya dengan baterai berkapasitas 7.040mAh yang sudah mendukung fast charging 15W.

Samsung menyediakan dua opsi warna Galaxy Tab A7, yakni dark grey dan silver. Kemampuan audio tablet ini didukung dengan empat speaker, sehingga suara yang dihasilkan lebih mumpuni, baik untuk kebutuhan menonton film maupun melakukan video call.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Parental Control

 Tidak hanya itu, Samsung juga membekalinya dengan fitur Samsung Kids. Sesuai namanya, fitur ini hadir sebagai ruang kelas digital untuk anak-anak bermain dan melatih kreativitasnya secara lebih aman.

Samsung juga menyediakn fitur parental control sehingga orangtua dapat memantau aktivitas dan perilaku anak saat menggunakan tablet ini. Mereka juga dapat mengatur durasi pemakaian hingga aplikasi mana saja yang dapat diakses.

"Dengan fitur semacam ini, orangtua dapat membuat perencanaan penggunaan tablet untuk anak-anaknya," tutur Vivid. Dia juga mengingatkan orangtua untuk untuk pandai mengatur penggunaan gadget saat ini, mengingat aktivitas anak-anak saat ini banyak dilakukan di sana.

3 dari 3 halaman

Harga Samsung Galaxy Tab A7

Samsung sendiri membanderol Galaxy Tab A7 dengan harga Rp 4.999.000. Untuk pembelian hingga 15 November 2020, Samsung akan memberikan promosi bagi para konsumen berupa Samsung Care Plus.

"Jadi, konsumen akan mendapatkan perlindungan dari Samsung Care Plus senilai Rp 449.000 yang dapat ditukar melalui aplikasi Samsung Gift Indonesia," tutur Elvira.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.