Sukses

Fitur Baru WhatsApp Permudah Hapus File Lawas

Fitur baru WhatsApp ini akan memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus konten-konten di WhatsApp sekaligus, guna menghemat memori smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merilis kehadiran fitur baru bernama Storage Management atau Manajemen Penyimpanan Data.

Fitur ini bakal dirilis secara global pada pekan ini di versi terbaru aplikasi WhatsApp.

 

Menurut keterangan resmi WhatsApp, fitur ini akan memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus konten-konten di WhatsApp sekaligus, guna menghemat memori smartphone.

"WhatsApp kini mengelompokkan dokumen berukuran besar, serta media yang telah diteruskan berkali-kali. Fitur ini juga akan mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil," tulis pihak WhatsApp, memberikan penjelasan soal Manajemen Penyimpanan Data.

Lewat fitur ini pula, para pengguna WhatsApp akan bisa melihat preview dokumen sebelum menghapusnya. Para pengguna juga bisa meninjau media yang ada sebelum memilih file untuk dihapus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Pakainya

Nantinya, saat fitur ini tersedia, pengguna bisa memakainya dengan cara membuka Pengaturan (Setting) kemudian pilih opsi Penyimpanan dan Data (Data and Storage Usage) lalu pilih Kelola Penyimpanan (Manage Storage).

Sementara, dalam video tentang fitur Manajemen Penyimpanan Data yang diunggah di channel WhatsApp memperlihatkan, ketika memori perangkat hampir penuh, halaman Chat di WhatsApp akan memberikan peringatan.

Peringatan yang dimaksud berbunyi "Ruang penyimpanan hampir penuh/Storage almost full". Di bawahnya ada keterangan, pengguna bisa mengetuk peringatan tersebut untuk menghapus file-file lawas yang disimpan di WhatsApp.

3 dari 3 halaman

Pengguna Bakal Terima Peringatan Kalau Memori Hampir Penuh

Begitu pengguna mengetuk peringatan itu, nantinya mereka akan diperlihatkan kapasitas memori smartphone yang telah dipakai dan seberapa banyak sisanya.

Pengguna kemudian akan diperlihatkan sejumlah file yang disimpan dengan berbagai label, salah satunya adalah file yang diteruskan beberapa kali beserta berapa banyak memori yang terpakai untuk menyimpan file tersebut.

Lalu, mereka bisa memilih file-file tersebut untuk dihapus, baik satu per satu maupun sekaligus. Untuk menghapus, tinggal ketuk gambar kotak sampah.

Begitu pengguna mengetuk kotak sampah tersebut, file lama akan dihapus. 

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini