Sukses

Review Vivo V20: Desain Stylish dengan Kamera Selfie Ciamik

Vivo telah merilis seri V20 di Indonesia. Salah satu variannya yaitu V20 dijual dengan harga Rp 4.999.000.

Liputan6.com, Jakarta - Vivo telah merilis seri V20 di Indonesia. Salah satu variannya yaitu Vivo V20 dijual dengan harga Rp 4.999.000.

Smartphone ini memiliki desain Ultra Sleek dengan tampilan yang stylish. Kehadiran V20 ini diklaim sebagai bentuk komitmen Vivo untuk terus menghadirkan teknologi dan inovasi smartphone sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia.

Tim Tekno Liputan6.com telah mencoba performa Vivo V20. Varian yang kami review ini memiliki RAM 8GB, memori internal 12GB, serta dibalut warna Midnight Jazz.

Desain

Sesuai dengan klaim Vivo, V20 memang hadir dengan desain stylish. Smartphone ini hadir tanpa tombol fisik di layar. Vivo membenamkan fitur pemindai sidik jari di dalam layar.

Terdapat dua tombol fisik di sisi kanan yaitu untuk volume dan power. Kemudian pada sisi kiri terdapat baki kartu dan microSD. Vivo V20 mendukung dual SIM.

Sisi kanan Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Sisi kiri Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Terdapat dua port di bagian bawah perangkat yaitu untuk USB dan headset. Speaker pun berada di tempat yang sama.

Desain Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Desain Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Desain tiga kamera belakang V20 membuat tampilannya tampak premium. Tiga kamera belakang dilengkapi dual-LED flash dengan hiasan berwarna silver di sekelilingnya.

Desain Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Desain bagian depannya tidak begitu spesial, atau sama seperti kebanyakan smartphone saat ini dengan notch untuk kamera depan.

Selama penggunaan, Vivo V20 cukup nyaman digenggam dengan berat 171 gram. Smartphone ini pun memiliki layar AMOLED FHD+ berukuran 6,44 dengan bezel tipis.

Sebaiknya lindungi smartphone ini dengan casing. Pasalnya, bodi belakang cukup licin, sehingga mudah terlepas dari genggaman jari.

Sayangnya, penggunaan casing akan menutupi keindahan desainnya. Namun Anda bisa menggunakan casing silicone transparan yang diberikan Vivo dalam paket penjualannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamera

Fitur kamera merupakan salah satu keunggulan utama pada smartphone ini. Untuk pengambilan foto, Vivo melengkapi V20 dengan kamera depan 44MP.

Kamera ini dilengkapi dengan teknologi Eye Autofocus, yang diklaim mampu menangkap fokus secara tajam dari jarak hanya 15cm, sehingga hasil foto diklaim akan tetap jernih dan tajam.

Klaim tersebut memang terbukti selama kami mencoba smartphone ini. Foto tampak jernih dan tajam, bahkan ketika ukurannya diperbesar. Efek bokeh pun masih tampak cukup natural.

Hasil foto dari kamera depan Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Namun, seperti kebanyakan hasil foto pada smartphone, tentu noise masih terlihat ketika foto diperbesar.

Selain itu, terdapat tiga kamera belakang dengan masing-masing resolusi utama 64MP, 8MP untuk wide-angle, macro, dan depth, serta lensa mono 2MP.

Hasil foto dari kamera belakang Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Hasil foto dari lensa makro super Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Hasil foto lensa sudut lebar super Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Kamera belakang dengan resolusi 64MP diklaim dapat menampilkan detail hidup yang tetap jelas, bahkan setelah foto diperbesar. Kamera ini juga dilengkapi fitur Super Night Mode.

Hasil kamera pada smartphone ini cukup memuaskan. Warna-warna tampak cerah dan natural, terutama pada kondisi cahaya terang atau siang hari.

Hasil foto pada malam hari dari kamera belakang Vivo V20 (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Hasil foto kamera belakang Vivo V20 dengan mode Malam (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Untuk malam hari, Anda bisa memanfaatkan fitur mode malam agar hasil foto bisa lebih terang dan semakin indah. Namun perlu diingat, kondisi cahaya terang menghasilkan foto yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Performa

Vivo V20 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Spesifikasi lainnya termasuk layar Super AMOLED FHD+ 6,44 inci (2.400 x 1.080 piksel), baterai 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 33W, serta Funtouch OS 11 yang berbasis pada Android 11.

Sejauh ini tidak ada kendala ketika menggunakannya. Sensor sidik jarinya pun cukup responsif, meski terkadang tidak langsung mengenali jari.

Selama penggunaan tidak ada lag, serta peralihan ketika membuka aplikasi secara bergantian pun berjalan dengan baik dan cepat.

Tampilan aplikasi pada V20 (screenshot)

Selain itu ketika bermain gim pun nyaman digunakan. Kami sempat mencoba bermain sejumlah gim, termasuk PUBG Mobile dengan grafis HD tanpa lag.

PUBG Mobile di Vivo V20 (screenshot)PUBG Mobile di Vivo V20 (screenshot)

Ketika digunakan untuk bermain kurang dari setengah jam, bodi perangkat terasa mulai menghangat. Namun, hal ini tidak begitu mengganggu kenyamanan bermain.

Berikut hasil benchmark Vivo V20 di Geekbench:

Benchmark Vivo V20

Untuk mengoptimalkan pengalaman bermain gim, Vivo V20 juga dilengkapi GameCenter. Melalui aplikasi ini, kita bisa mengontrol durasi permainan.

Fitur andalan lain pada Vivo V20 adalah NFC Multifungsi. Fitur ini selain bisa digunakan sebagai top-up dan cek saldo e-money, serta transfer data, juga dapat digunakan menduplikasi fungsi kartu akses kantor, rumah atau apartemen.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Vivo V20 bisa menjadi opsi bagi yang menginginkan smartphone dengan kemampuan kamera baik dan desain stylish. Terlebih lagi bagi konsumen yang suka menggunakan kamera selfie.

Smartphone ini bisa memenuhi berbagai kebutuhan kebanyakan pengguna smartphone saat ini, mulai dari membuat konten dengan kamera dan juga menikmati hiburan lain seperti bermain gim.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini