Sukses

Meriahkan Hari Santri, Aplikasi KESAN Rilis Fitur Marketplace

Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional pada hari ini, Kamis (22/10/2020), aplikasi KESAN (Kedaulatan Santri) merilis fitur marketplace bernama Umat Market atau U-Mart.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional pada hari ini, Kamis (22/10/2020), aplikasi KESAN (Kedaulatan Santri) merilis fitur marketplace bernama Umat Market atau U-Mart.

Menurut CEO KESAN, Hamdan Hamedan, U-Mart merupakan marketplace Islami yang ramah santri dan mendukung digitalisasi UMKM.

Setelah berfokus pada pengembangan fitur Islami, aplikasi KESAN kini meluaskan sayap dengan mengembangkan fitur ekonomi, terlebih di masa pandemi.

"U-Mart didesain ramah produk santri dan Islami. Ada kurasi produk dan jasa UMKM di dalam U-Mart agar para pembeli merasa nyaman akan kehalalan transaksi. Kami mendorong digitalisasi UMKM santri dan nasional di masa pandemi serta menawarkan kemudahan bagi para pembeli yang menginginkan produk dan jasa halal," ujar Chief Executive Officer KESAN Hamdan Hamedan, dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Waryono mengapresiasi kehadiran KESAN dan fitur terbarunya, U-Mart.

"Saya senang dengan hadirnya aplikasi KESAN yang memberikan konten-konten Islami yang sejuk dan mendidik, di satu sisi. Dan di sisi lain, [fitur baru] memungkinkan santri dan umat Islam memasarkan produk dan jasanya secara mudah,” kata Waryono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Santri sebagai penggerak ekonomi umat

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Hj. Nawal Nur Arafah meyakini santri dapat menjadi salah satu aktor penting yang menggerakkan ekonomi umat.

"Sejak dulu santri berperan aktif sebagai motor ekonomi umat. Dengan hadirnya KESAN dan U-Martnya, saya percaya santri dan purna santri akan semakin termotivasi dan terbantu dalam menggerakkan roda ekonomi umat," tutur Hj. Nawal.

 

3 dari 3 halaman

Produk Santri dan UMKM di Masa Pandemi

Ramli Peci, salah satu pelaku UMKM yang tergabung di U-Mart KESAN, mengamini adanya perubahan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Karena itu, dia pun terdorong untuk beralih ke kanal penjualan digital untuk memasarkan produk pakaian Islaminya yang ternyata berbuah manis.

"Perekonomian saya terbantu sekali dengan adanya U-Mart karena di musim pandemi orang jarang beraktivitas keluar dan memilih belanja secara online. Ternyata, itu nggak susah-susah banget," kata Ramli.

Hingga saat ini aplikasi KESAN yang tersedia di Google Play dan App Store telah diunduh lebih dari 200 ribu kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.