Sukses

5 Cara Efektif Tingkatkan Produktivitas Kerja dan Belajar dari Rumah

Untuk menjaga produktivitas dan kreativitas selama di rumah, seluruh anggota keluarga harus sepakat untuk melakukan beberapa hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi melanda Indonesia, suasana di rumah menjadi semakin ramai dan sibuk. Ayah maupun Bunda bekerja dari rumah, anak belajar di rumah, semua kegiatan bermain dan kegiatan lain banyak dilakukan dari rumah. Di satu sisi sangat menyenangkan karena keluarga selalu berkumpul, di sisi lain dapat tantangan yang harus dihadapi baik faktor dari dalam maupun luar.

Sehari-hari bekerja dan belajar dari rumah dapat menyebabkan rasa bosan, kurang semangat, rutinitas menjadi tidak teratur dan lain sebagainya. Kalau berlarut-larut tidak bagus bagi kesehatan dan menghambat produktivitas. Padahal kewajiban harus tetap dijalankan. Oleh karena itu, untuk menjaga produktivitas dan kreativitas, keluarga harus sepakat untuk melakukan beberapa hal ini.

1. Bangun Pagi dan Olahraga

Untuk menjaga ritme dan semangat beraktivitas dimulai dengan rutin bangun pagi, seperti halnya sebelum pandemi. Lakukan olahraga pagi, mendapatkan sinar matahari pagi hingga sarapan pagi yang sehat. Jangan biasakan bangun siang, itu akan membuat banyak aktivitas yang tertunda. Apalagi anak-anak sudah harus pembelajaran jarak jauh seperti halnya jam sekolah biasa.

2. Atur Jadwal Kerja dan Belajar

 

Sebagian besar dari kita tentu merasakan perubahan kerja dan belajar yang menjadi tidak teratur. Mulai dari melebihi durasi jam kerja normal, beberapa malah sering begadang, memulai terlalu siang dan lain sebagainya. Aktivitas belajar anak-anak pun sedikit banyak juga berpengaruh. Durasi belajar jadi lebih sedikit ketimbang selama ini di sekolah. Oleh karena itu, aktivitas kerja dan belajar mulai dari pagi hari, siang istirahat, dan targetkan sore sudah selesai agar malam hari menjadi waktu keluarga.

3. Menjaga Kenyamanan Bersama

Ketika semua anggota keluarga bekerja dan belajar di rumah penting untuk menjaga kenyamanan bersama agar tidak mengganggu produktivitas. Jaga kebersihan bersama, meletakkan barang pada tempatnya, dan tidak membuat keributan.

4. Istirahat dan Makan Tepat Waktu

Jangan forsir tenaga Anda, apalagi terlambat untuk makan siang dan malam. Ketika bekerja dari rumah, pengaturan istirahat benar-benar di tangan Anda. Konsumsi makanan sehat dan bergizi serta penuhi kebutuhan cairan tubuh. Untuk produktif diperlukan tubuh yang fit dan pikiran yang fresh bebas stres.

5. Siapkan Koneksi Internet Terbaik

 

Kebutuhan internet selama pandemi dan di rumah semakin tinggi maka diperlukan koneksi internet yang lancar dan memadai. Salah satu cara yang bisa Ayah dan Bunda pilih adalah dengan menggunakan Telkomsel Orbit.

Telkomsel Orbit merupakan layanan home wireless serba digital dengan modem 4G terbaik didukung dengan jaringan The Real 4G LTE dari Telkomsel yang aktivasi dan pengaturannya bisa lewat satu aplikasi MyOrbit tanpa perlu bantuan teknisi.

Telkomsel Orbit memiliki beberapa fitur-fitur terbaik, diantaranya;

  • Streaming Tanpa Buffer : Kecepatan Internet the real 4G LTE dengan kualitas terbaik milik Telkomsel.
  • Bayar Sesuai Kebutuhan : Internet rumah prabayar dengan masa aktif selama 1 tahun, tanpa adanya komitmen langganan Anda dapat membeli paket sesuai dengan kebutuhan.
  • Kontrol Pemakaian : Anda punya kendali total atas pemakaian kuota, mulai dari mengawasi dan membatasi perangkat yang terhubung hingga detail penggunaan harian.
  • Pasang Sendiri : Anda bisa memasang sendiri dengan mudah melalui panduan dari aplikasi.
  • Garansi Kepuasan : Jaminan kualitas Telkomsel Orbit dengan garansi uang kembali selama 7 hari setelah produk diterima dan garansi 1 tahun atas kerusakan modem.

Dengen deretan fitur-fitur terbaik di atas, membuat Telkomsel Orbit dapat selalu diandalkan untuk meningkatkan produktivitas dan buat #SemuaDone dari rumah.

Telkomsel Orbit terdiri dari dua pilihan yakni Orbit Max dan Orbit Star 2.

  • Orbit Max memiliki teknologi WiFi 2.4Ghz dan 5Ghz dengan tingkat kecepatan DL Cat19/UL Cat 3. Router Nirkabel ini dapat digunakan hingga 64 pengguna. Pembelian Orbit Max termasuk paket data, 150GB yang berlaku 30 hari. Harga Telkomsel Orbit Max ini Rp 2.399.000,-.
  • Orbit Star 2 memiliki teknologi WiFi 2.4 Ghz dengan tingkat kecepatan DL/UL Cat 4. Router Nirkabel ini dapat digunakan hingga 32 pengguna. Pembelian Orbit Max termasuk paket data, 50GB yang berlaku 30 hari. Sementar harga untuk Telkomsel Orbit Star 2 dibanderol Rp 799.000,-.

Untuk Anda yang membeli sekarang, gunakan kode promo khusus dari Telkomsel Orbit untuk pembaca setia Liputan6.com dengan kode REV0001 pada saat melakukan pembayaran untuk mendapatkan tambahan 5GB kuota data.

Selain itu, setelah melakukan pembayaran kamu bisa mendapatkan diskon 50% untuk pembelian paket data selama 3 bulan. Apabila ingin membeli paket kuota belajar, Telkomsel Orbit menghadirkan promo 10GB hanya dengan Rp10,-. Informasi selengkapnya kunjungi https://myorbit.id/id dan follow media sosial Telkomsel Orbit.

Itulah beberapa cara efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja dan belajar di rumah. Yuk terapkan di rumah supaya terhindar dari berbagai masalah dan target-target bisa tercapai dengan baik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini